Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

HUT KE - 17 KECAMATAN TAOPA TAHUN 2024 MERAJUT KEBERSAMAAN DALAM BINGKAI KEBERAGAMAN

Abdul Haris Laparako

18 Mei 2024

149 Kali dibuka

Perayaan Hari Ulang Tahun Kecamatan Taopa yang ke - 17 digelar dihalaman Kantor Camat Taopa,dihadiri oleh Seluruh Kepala Desa, Perangkat Desa, Kepala Sekolah, Guru PNS dan PPPK dilingkungan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Holtikultura, Instansi dan Lembaga, Bunda Literasi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan. 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Camat Taopa ZEIN, SE didampingi oleh mewakili Kapolsek Moutong, Danramil Moutong, mantan sekcam taopa Ikram Tombolotutu, ibu ketua tim penggerak PKK kecamatan taopa, sekretari pemekaran kecamatan taopa serta tokoh - tokoh lainnya berlangsung khidmat dan penuh syukur.

Dengan bertemakan "merajut kebersamaan dalam bingkai keberagaman" tentu HUT kali ini lebih dinamis dan dapat dimaknai sebagai wujud introspeksi bersama dalam membangun kecamatan taopa yang lebih baik lagi kedepan.

17 Tahun bukanlah perjalanan yang singkat yang sudah dilalui oleh kepemerintahan yang ada, tentu momentum ini hendaknya dijadikan renungan bersama bahwa masih banyak yang perlu dibenahi dan diperbaiki. Hari bersejarah ini diharapkan tidak hanya dimaknai sebagai bentuk peringatan tahunan saja, tetapi lebih terpenting adalah bagaimana kebersamaan dan keberagaman itu dapat dirajut untuk menjadi satu kekuatan yang mampu menghantarkan nawacita para pejuang pemekaran yang dengan susah payah, penuh pengorbanan, tanpa gaji dan pamrih hingga dtetapkannya menjadi sebuah kecamatan yang berotonomi pasca melepaskan diri dari kecamatan moutong sebagai kecamatan induk sebelumnya. 

Ruh Pengorbanan para pendahulu dan pejuang pemekaran hendaklah kita jadikan sebagai spirit agar tidak 'lupa diri' akan apa yang kita nikmati saat ini. Mereka para pejuang kala itu tidak menginginkan jabatan apalagi kekuasaan saat ini, mereka tak meminta sebagian gaji dari para pemimpin dikecamatan atau di instansi saat ini, mereka tak berharap pujian dari mereka yang menduduki jabatan strategis di wilayah atas nama kecamatan taopa saat ini, mereka atau mungkin anak cucu mereka bahkan tidak mendapatkan apa - apa dari perjuangan memekarkan kecamatan taopa ini.

Hanya satu yang saat ini mereka atau siapapun yang telah mengorbankan waktu, tenaga, harta, tanah bahkan raga mereka untuk kecamatan taopa ini adalah Ketulusan untuk membangun Kecamatan Taopa ini jauh lebih baik dari apa yang mereka tinggalkan dan perjuangkan kala itu.

Kini Kecamatan Taopa sudah berusia 17 tahun, banyak hal yang harus diperbaiki dan itu membutuhkan kebersamaan bukan kekuatan individual apalagi mengandalkan Jabatan. Kecamatan ini harus dirajut dan disulam kembali karena irisan kepentingan yang begitu tajam ditengah cahaya kebersaman yang mulai padam.

Perayaan yang sudah ke 17 Tahunnya ini hendaknya tidak semata hanya seremonial belaka tanpa melakukan tindakan apa - apa yang mengarah kepada Nawacita bersama. Konsep Membangun Kecamatan Taopa yang sudah 17 tahun usianya ini seakan ada yang hilang dan pudar sehingga harus dirajut kembali, sesuai tema yang terpampang dalam setiap baliho ucapan selamat.

Memang menyatukan keberagaman itu bukanlah perkara mudah, akan tetapi hal itu tidak akan sulit dilakukan jika kita semuah mampu mendudukkan segala urusan itu dengan kebersamaan dalam bingkai keberagaman. Menumbuhkan rasa memiliki daerah ini khususnya kecamatan taopa adalah tugas bersama yang dititipkan oleh para pejuang pemekaran kepada kita untuk dilaksanakan, bukan sekedar diperdebatkan. 

Selamat dan Sukses HUT KECAMATAN TAOPA Ke - 17 Tahun 2024 semoga kedepan bisa lebih baik lagi.

Penulis

#Abdulharislaparako

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Jiman

01 Januari 2023 05:46:08

Mantap PPDI Bersinergi membangun desa...

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:129
Kemarin:187
Total:262.496
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.138.37.123
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa