Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

PPDI Kecamatan Taopa Terbentuk, Ciptakan Harmonisasi Bangun Desa menjadi lebih baik dan maju.

Abdul Haris Laparako

31 Desember 2022

395 Kali dibuka

Akhir Tahun 2022 merupakan momen bersejarah bagi Perangkat Desa Khususnya Perangkat Desa yang berada diwilayah Kecamatan Taopa.
Terbentuknya Pengurus PPDI Kecamatan Taopa merupakan kado istimewa dipenghujung tahun bagi kemajuan Perangkat Desa yang sebelumnya berjalan tanpa ada wadah berhimpun untuk menyatukan visi dan membentuk satu kesatuan yang terorganisir melalui forum maupun lembaga tempat berkumpul. Selama ini kesan bahwa yang punya tempat berkumpul itu hanya Kades melalui APDESI dan Sekdes melalui Forum Sekdes, dengan terbentuknya PPDI ini diharapkan bisa menjadi tempat berkumpulnya ide dan berbagi informasi serta pengalaman dengan tupoksi yang seprofesi masing - Masing di Desa. Kehadiran PPDI akan menjawab keresahan Kasi kaur dan kadus yang selama ini belum memiliki ruang khusus dalam menyuarakan aspirasi dan tempat berbagi. Tentu dengan hadirnya PPDI dikecamatan Taopa ini merupakan arah maju bagi perangkat desa dikecamatan Taopa khususnya dan dikabupaten Parigi Moutong pada umumnya.
Kegiatan hari ini disamping memilih pengurus PPDI Kecamatan Taopa juga dirangkai dengan pengenalan awal terkait organisasi PPDI, kedudukan dan fungsinya bagi perangkat desa. Mandataris PPDI Kabupaten Parigi Moutong Abdul Haris Laparako yg diberi kewenangan untuk membentuk PPDI di wilayah Utara yang kemudian terpilih sebagai Ketua PPDI Kecamatan Taopa  menyampaikan sambutan perdana dihadapan pengurus dan Anggota PPDI yang hadir dengan beberapa wejangan dan penguatan, diantaranya :
1. Poin utama kehadiran kita didalam wadah PPDI ini adalah membangkitkan semangat untuk bersama - sama membangun Desa. Sebagai Perangkat Desa tentu tugas yang diemban ini sangat berat, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat, melayani masyarakat mulai dari orang lahir sampai meninggal, 101 urusan setiap hari butuh dilayani dengan berbagai macam karakter masyarakat yang dihadapi, tentu ini memerlukan mental yang kuat dan tangguh. 
2. PPDI hadir memberikan nuansa tersendiri dalam penguatan kelembagaan perangkat desa, melindungi dan memperjuangkan hak perangkat desa, demi kemajuan dan perkembangan desa.
3. Terbentuknya PPDI Kecamatan Taopa harus dapat memberi warna baru dalam membangun desa, kedepan tidak boleh lagi ada desa yang kemudian terkesan jalan ditempat dan begitu - begitu saja, atau ada desa yang antara Kepala Desa dan Perangkat Desa tidak harmonis, sehingga kemudian mengganggu jalannya roda pemerintahan yang ada didesa.
4. Perangkat Desa yang terdiri dari Sekretaris Desa, Kepala Urusan, Kepala Seksi dan Kepala Dusun merupakan perangkat desa yang ditugaskan oleh undang - undang membantu kinerja Kepala Desa.
5. PPDI harus hadir mendobrak kemajuan desa dan tampil elegan membawa ruh perubahan ke arah yang lebih baik. Dan yang terakhir,
6. Perangkat Desa harus kuat dalam menghadapi segala tantangan, baik itu dari luar maupun tantangan dari dalam. Kesewenang - wenangan Kepala Desa dalam mengganti Perangkat Desa tanpa melalui proses dan mekanisme yang diatur oleh Undang - undang harus dilawan dan ditentang. Tentu ini butuh sebuah kekuatan didalam membangun paradigma berpikir bagi perangkat desa. Artinya bahwa, lakukan yang terbaik dalam memberikan pelayanan didesa, berusahalah untuk tidak membuat gap antara kepala desa dan perangkat desa, atau antara perangkat desa dan masyarakat. Ciptakan harmonisasi antara kepala desa dan perangkat desa serta masyarakat, maka desa itu akan maju, ungkap aba sapaan akrab ketua PPDI terpilih. 
Beberapa Komitmen juga lahir dari pertemuan hari ini, diantaranya :
1. Mendesak Pengurus PPDI Kabupaten Parigi Moutong untuk segera menerbitkan SK Pengurus PPDI Kecamatan Taopa.
2. Sepakat untuk tahun 2023 akan dilaksanakan Bimtek Perangkat Desa yang melibatkan seluruh Perangkat Desa dikecamatan Taopa melalui APBDesa Tahun 2023.
3. Melakukan pertemuan rutin setiap 2 bulan sekali bagi PPDI Kecamatan dan mengagendakan pertemuan masing - masing koordinator setiap bulan yang waktu dan tempatnya dibahas dan ditentukan oleh ketua dan anggota koordinator.
4. Membayar Iuran Anggota sebesar Rp. 10.000,- perbulan per anggota yang diserahkan langsung oleh bendahara desa kepada bendahara PPDI setiap triwulan berjalan.
Hadir pada pembentukan Pengurus PPDI hari ini adalah bapak Rahmat, S.Sos selalu Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Taopa yang juga menyempatkan diri memberikan sambutan dan arahan terkait dengan kemajuan dan perkembangan pembangunan didesa yang sangat ditentukan oleh kualitas kepala desa dan perangkat desa.
Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara dan Foto bersama pengurus terpilih PPDI Kecamatan Taopa.

Komentar yang terbit pada artikel "PPDI Kecamatan Taopa Terbentuk, Ciptakan Harmonisasi Bangun Desa menjadi lebih baik dan maju."

Jiman

31 Desember 2022 21:46:08

Mantap PPDI Bersinergi membangun desa

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:225
Kemarin:94
Total:222.381
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:44.210.83.132
Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa