Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa

Artikel

Visi dan Misi

Abdul Haris Laparako

09 Desember 2018

612 Kali dibuka

VISI MISI

DAN PROGRAM KERJA PEMERINTAH DESA TAOPA

KECAMATAN TAOPA KABUPATEN PARIGI MOUTONG

PERIODE 2016 - 2022

 

PENDAHULUAN

Desa Taopa merupakan salah satu Desa yang berada diwilayah Kabupaten Parigi Moutong yang tentu saja dalam penyusunan Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintah Desa Taopa  Periode 2016 – 2021 tidak bisa melepaskan diri  dari Visi dan Misi Kabupaten Parigi Moutong Terdepan di Propinsi Sulawesi Tengah.

Dengan senantiasa Memohon Rahmat Allah SWT Izinkan kami menyampaikan Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintah Desa Taopa periode  2016 - 2021

VISI :

Mewujudkan Desa Taopa yang Maju, Mandiri dan Berdaya saing, melalui Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan Pemantapan Pembangunan Perdesaan,berlandaskan Kultur, Religius,Inofatif dan Partisipatif.”

 

MISI :

  1. Meningkatkan Kualitas SDM Berlandaskan Iman dan Taqwa
  2. Meningkatkan Profesionalisme Birokrasi Desa
  3. Menumbuh kembangkan dan Melestarikan Budaya serta Kearifan Lokal

lainnya

  1. Meningkatkan Ketersediaan dan Kualitas Infrastruktur serta Keterpaduan Pemanfaatan Tata Ruang Wilayah Desa
  2. Meningkatkan Partisifasi Sektor Swasta dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan

 

Sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Parigi Moutong Terdepan di Propinsi Sulawesi tengah dengan Motto SONGU LARA MOMBANGU

 

Maka sudah merupakan suatu keharusan untuk Visi dan Misi Pemerintahan Desa Taopa Periode 2016 - 2021 adalah memperhatikan kebijakan dan kearifan lokal serta kemampuan dan adat istiadat setempat dengan pertimbangan utama faktor keseimbangan, kewilayahan dan Sumber Daya Manusia baik Aparatur Pemerintahan Desa Taopa dan mayoritas lapisan masyarakat secara keseluruhan, menjalin hubungan silaturrahim dan komunikasi yang baik dengan desa – desa yang lain.

 

Keanekaragaman latar belakang pendidikan, budaya, mata pencaharian dan lain-lain harus dapat dipersatukan dalam suatu Visi yang menyentuh semua kalangan, dan terlebih harus dapat merasakan manfaatnya dalam peningkatan kesejahteraan pada umumnya. Oleh karenanya unsur transparansi dan partisipatif dari warga masyarakat  juga harus menjadi bahan pertimbangan utama dalam penyusunan Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintahan Desa Taopa Periode 2016 – 2022.

Hal lain yang sangat penting dalam penyusunan Visi, Misi dan Program Kerja  Pemerintahan Desa ini adalah Kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, baik di lingkungan Aparatur Pemerintah maupun pada warga masyarakat secara keseluruhan.

Karena dengan Sumber Daya Masyarakat yang lebih baik dan memadai di harapkan akan meningkatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan administrasi seluruh lapisan masyarakat dan melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

V I S I

Dengan mengucap Bissmillahirrahmanirrahim, Saya sebagai Calon Kepala Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong, dengan berbagai pertimbangan dan dengan Ketetapan Hati demi terwujudnya Desa Taopa yang lebih maju dan lebih baik di berbagai bidang secara menyeluruh untuk seluruh lapisan masyarakat Desa Taopa, menetapkan Visi Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong periode 2016 – 2021 sebagai berikut :

Mewujudkan Desa Taopa yang Maju, Mandiri dan Berdaya saing, melalui Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan Pemantapan Pembangunan Perdesaan, berlandaskan Kultur, Religius dan Partisipatif.

M I S I :

  1. Meningkatkan Profesionalisme Pelayanan Publik
  2. Meningkatkan Pembangunan Fisik dan Non Fisik di berbagai Bidang
  3. Menumbuh kembangkan bidang Olahraga dan Melestarikan Seni Budaya
  4. Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan Sektor Swasta dalam Kegiatan Pembangunan dan Kegiatan Kemasyarakatan Desa
  5. Menggali Potensi Desa dalam rangka Peningkatan Pendapatan Asli Desa melalui BUMDES yang terkelola dengan baik.
  6. Meningkatkan kerukunan kerjasama antar Lembaga Desa
  7. Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat.

PROGRAM KERJA

 

PEMERINTAH DESA TAOPA KECAMATAN TAOPA

KABUPATEN PARIGI MOUTONG

PERIODE 2016 – 2021

 

  1. Bidang Pemerintahan

 

  1. Program Pembangunan di Bidang Pemerintahan diantaranya adalah berupa pembinaan Aparatur Desa dengan melaksanakan kegiatan pelatihan dan bimbingan secara intensif baik dengan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Daerah dan Kecamatan maupun pihak lainnya, bahkan dengan mengadakan kegiatan pembinaan dan bimbingan secara mandiri sehingga segala Perkembangan Arah Kebijaksanaan Pemerintah Pusat Propinsi,Kabupaten maupun Desa akan terus teraktualisasikan. Sehingga pada gilirannya nanti Perangkat dan unsur Penyelenggara Pemerintahan Desa lainnya selalu siap untuk melaksanakan pelayanan yang profesional terhadap masyarakat dengan pengetahuan yang mereka miliki.

 

  1. Melaksanakan penertiban di bidang administrasi perkantoran mempersiapkan pembukuan yang lebih tertata baik , juga melaksanakan penertiban administrasi di tingkat Dusun dan RT se-wilayah Desa Taopa yang masih kurang memadai, juga akan lebih mengoptimalkan peranan dan fungsi Kelembagaan Desa untuk memperdayakan lingkungan disekitarnya, Sehingga penyelenggaraan Pemerintahan Desa akan senantiasa terus berkembang dan dibantu dengan adanya penghasilan dari hasil usaha desa dan bantuan dari Pemerintah yang dapat menunjang penghasilan Perangkat dan Kelembagaan Desa lainnya dalam rangka melaksanakankegiatan desa.

 

  1. Melaksanakan kerjasama yang harmonis dengan Pemerintah Antar Desa, Kecamatan,Kabupaten dan Pemerintah Propinsi maupun dengan Instansi terkait yang ada diWilayah Pemerintahan Desa Taopa

 

  1. Menjalin kemitraan dengan para donatur dan pihak ketiga untuk menggali dan memperdayakan potensi alam yang ada di Desa Taopa, serta dalam kegiatan pembangunan infrastruktur perdesaan selain dari anggaran yang bersumber dari Pemerintah Pusat dan Daerah.

 

  1. Melakukan perjanjian-perjanjian kerjasama dengan Pihak Swasta, BUMN dan BUMD yang saling menguntungkan sehingga diharapkan perekonomian warga masyarakat akan meningkat secara signifikan.

 

  1. Melaksanakan Kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) melalui Kegiatan Perlombaan dan Pentas Olah Raga dan Kesenian, agar selalu terwujud hubungan Silaturrahim aman dan harmonis antar masyarakat

 

  1. Pembangunan Fisik 

 

Dalam pelaksanaan Kegiatan Pembangunan khususnya di bidang Fisik Pemerintah Desa  dan Kelembagaan akan menampung Aspirasi Masyarakat dimana masih banyak pembangunan-pembangunan ditingkat Dusun dan RT yang belum tersentuh oleh bantuan Pemerintah Kabupaten atau dari Pemerintah Propinsi Maupun Pemerintah Pusat. Selanjutnya Pemerintah Desa dan Kelembagaan yang ada menginventarisir melalui Musyawarah perencanaan Pembangunan Desa pada setiap awal Tahun Anggaran yang akan melahirkan 3 (tiga) KebijakanPokok, yaitu :

  1. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) di awal masa jabatan KepalaDesa.

 

  1. Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) Pada awal Tahun Anggaran

 

  1. Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) Tahunan Yang kesemuanya bersumber dari :

 

  1. Dari Alokasi Dana Desa
  2. Dari Dana Desa
  3. Dari SKPD
  4. Dari Pendapatan Asli Desa (PADes)
  5. Dari Partisipasi Pihak Swasta, BUMN, BUMDES dan Pihak Lainnya
  6. Dari Swadaya Masyarakat
  7. b. Pembangunan Non Fisik 

Melaksanakan Pembinaan dan Pelatihan dalam rangka meningkatkan Kinerja dan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Lembaga yang ada di Desa Taopa.

Senantiasa Berupaya dalam mengentaskan kemiskinan dengan melakukan peningkatan kemampuan ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.

Melaksanakan Pembinaan Perlindungan Masyarakat (LINMAS) dalam rangka meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (KAMTIBMAS)

Pembinaan Moral dan Keagamaan

Pengembangan Kreativitas dan Keterampilan Kerja khususnya bagi Remaja Kelompok Perempuan dan Karang Taruna dengan Pembinaan dan Pengembangan dalam upaya mengurangi jumlah pengangguran.

Meningkatkan Pengetahuan dan Pendidikan Agama di Mesjid-Mesjid bagi Anak-anak dan dewasa.

  1. Bidang Kemasyarakatan

Bidang Kemasyarakatan dibagi dalam Tiga Program Desa diantaranya adalah:

 

Bidang Keagamaan

Disamping bantuan pengadaan dan perbaikan Sarana dan Prasarana Keagamaan,Pemerintah Desa Taopa akan menfasilitasi terbentuknya kepengurusan Taman Pengajian dan majelis Ta’lim, Organisasi Keagamaan Pemuda masing – masing Dusun di Desa Taopa. Serta Melakukan pembinaan dan penguatan kelembagaan ditingkatan kelompok dan organisasi masing – masing.

 

Bidang Pendidikan 

Mendukung Pelaksanaan Pembangunan, Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Melayani permintaan orang tua murid kurang mampu yang sedang menyekolahkan anaknya dalam upaya mendapatkan pembebasan / keringanan biaya pendidikan (beasiswa)

Menunjang Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan Program Kesetaraan (paket A, B, danC) bagi warga masyarakat Desa Taopa

Bidang Kesehatan

Meningkatkan Kerjasama dan melakukan Koordinasi dengan Pusat Pelayanan KesehatanMasyarakat (Puskesmas) Kecamatan Taopa

Pemerintah Desa Taopa dalam pencanangan Program Desa yang lebih Sehat akan bekerjasama dengan PKK, Pengurus Lansia, Penyuluh Kesehatan untuk melaksanakan kegiatan dan perbaikan pelayanan kesehatan kepada seluruh Masyarakat.

Membantu dalam pengoptimalan Pelayanan Kesehatan bagi warga yang benar-benar tidak mampu.

 

Bidang Sosial Budaya

 

Dengan tujuan peningkatan kepedulian sosial, Kami akan membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi berbagai pihak terutama pihak swasta, pengusaha dan golongan yang mampu meningkatkan kepedulian sosial dengan berbagai kegiatan yang akan membantu sesama warga masyarakat terutama golongan yang kurang mampu.

Bidang Budaya yang akan lebih banyak diprogramkan adalah dalam rangka memelihara, memajukan dan menumbuh kembangkan seni dan budaya Masyarakat Suku Tialo.

PENUTUP

Demikian pemaparan Visi, Misi dan Program Kerja ini kami sampaikan dengan harapan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama 6 (enam) Tahun kedepan akan lebih terarah dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat secara adil dan berkesinambungan.

 

Apabila Allah SWT mengijinkan, dan saya terpilih menjadi Kepala Desa Taopa untuk periode 2016 - 2021 maka dengan berlandaskan penyerapan aspirasi seluruh lapisan warga masyarakat, ini akan menjadi dasar terhadap penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang nantinya akan lebih terperinci dalam

Rencana Kerja Pemerintahan Desa(RKPDes) Desa Taopa tahun 2016.

Terima Kasih...

 

Wassalamu alaikum war. Wab.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Jiman

01 Januari 2023 05:46:08

Mantap PPDI Bersinergi membangun desa...

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:104
Kemarin:44
Total:215.976
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:44.210.99.209
Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa