Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

KADES TAOPA ASNO AKE, S.Sos MELANTIK ANDIKA SEBAGAI PERANGKAT DESA TAOPA (KADUS III) KECAMATAN TAOPA

Abdul Haris Laparako

14 Mei 2024

153 Kali dibuka

Sesuai amanat Permendagri No 67 Tahun 2017 tentang perubahan Permendagri No 83 Tahun 2015 tentang pemberhentian dan pengangkatan Perangkat Desa Pasal 2 ayat (1) menjelaskan bahwa Perangkat Desa diangkat oleh Kepala Desa dari warga Desa yang telah memenuhi persyaratan umum dan khusus. Itulah yang kemudian menjadi acuan awal terlaksananya pelantikan kepala Dusun III. Proses demi proses sudah dilakukan oleh pemerintah desa untuk mengisi kekosongan jabatan Kadus III pasca dtinggalkan oleh ibu Fitra yang secara resmi berhenti dan mengundurkan diri sejak 5 Maret yang lalu. 

Setelah pengunduran ibu Fitra maka jabatan di delegasikan kepada Bapak Sahardin selaku Kaur Pembangunan sebagai Penjabat Kepala Dusun III sementara. Proses rekrutmen menjadi tanggung jawab Pj Kadus dibantu oleh panitia kecil yang di SK kan oleh Kepala Desa, yang tentu sebelumnya Pemdes dalam hal ini Kepala Desa sudah berkoordinasi terlebih dahulu dengan BPD dan berkonsultasi langsung dengan Camat. Setelah lampu hijau diberikan oleh kedua instrumen itu, barulah semuahnya bekerja sesuai amanat perundang undangan. 

Dilantikanya Saudara Andika sebagai kepala Dusun III tentu akan menambah daya dobrak pergerakan pembangunan yang ada di Dusunnya, pria kelahiran taopa 1999 ini merupakan rumpun keluarga besar yang ada di wilayah dusun itu yang sudah barang tentu bisa menjadi spirirt perubahan yang jauh lebih baik dari yang diharapkan.

Ikut Hadir dalam pelantikan perangkat desa (kepala dusun III) yakni bapak Suciarto Oli'i yang juga merupakan Ketua BPD desa taopa.  Disela - sela acara pelantikan sang Visioner Desa bapak Suciarto memberikan petuah penting akan langkah Pemdes Taopa yang selama ini sangat mengagumkan. Upaya untuk terus menjadikan Desa Taopa tampil selalu terdepan dalam setiap gerak pembangunan selama 2 periode kepemimpinan Kades saat ini, membuat kami selaku generasi yang pernah ada dalam sebuah kejayaan Desa Taopa kalah itu yang sempat meraih predikat terbaik Nasional sebagai Desa Pembangunan, tentu merasa bahwa apa yang kami perjuangkan kala itu periode ini direbut dan bahkan terlampaui oleh Pemdes yang bekerja tanpa lelah demi menjadikan Desa Taopa Maju, Mandiri dan Berdaya saing, ini sebuah kemajuan yang luar biasa dan ini pantas untuk mendapatakan dukungan dari semuah pihak dan semuah instrumen di masyarakat.

Dalam sambutan pasca pelantikan Kadus III, Kepala Desa Taopa Asno Ake, S.Sos mengucapkan terima kasih dan ucapan selamat kepada Pj Kadus, panitia dan Kepala Susun yang dilantik, inilah bukti kerja sama yang harus terus dipertahankan. Kepada Kadus yang dilantik saya berpesan untuk lakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat dan juga ciptakan ide cemerlang diwilayah yang dipimpin untuk melahirkan program yang sifatnya swadaya dan gotong royong di masyarakat. Tumbuhkan keduanya, sehingga dengan adanya kedua hal itu maka masyarakat merasa terpanggil untuk ikut serta membangun dusun dan membangun desanya. Hilangkan ketergantungan dengan Program Dana Desa, ADD atau PDRD, ciptakan hal - hal ikonik yang benar - benar itu murni swadaya masyarakat dan hasil gotong royong bersama. Apalagi di Dusun III itu merupakan basis rumpun keluarga yang besar, yang jika dilakukan sebuah pendekatan pemahaman yang intens maka tidak mustahil bisa menciptakan sesuatu yang bernilai, ucap kades 2 periode itu. 

Pelantikan Kepala Dusun III merupakan Amanat Undang - Undang yang mesti dijalankan agar roda pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan bisa berjalan. Dan Alhamdulillah dengan dilantiknya Andika sebagai Perangkat Desa yang baru maka itu berarti Pemerintah Desa Taopa dalam hal ini Kepala Desa telah melaksanakan Amanat Konstitusi Pasal 7 ayat (1) sampai ayat (5) Permendagri No 67 Tahun 2017.

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Jiman

01 Januari 2023 05:46:08

Mantap PPDI Bersinergi membangun desa...

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:122
Kemarin:187
Total:262.489
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.144.27.174
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa