Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

PIMPINAN DPRD BOALEMO BERSAMA ANGGOTA STUDI KOMPERATIF TERKAIT PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PELAYANAN PUBLIK DIKANTOR DESA TAOPA KAB. PARIGI MOUTONG

Abdul Haris Laparako

29 Februari 2024

144 Kali dibuka

Kamis, 29 Februari 2024 merupakan hari istimewa bagi Pemerintah Desa Taopa Kecamatan Taopa, sebab hari itu menjadi penting karena mendapat kepercayaan khusus dari salah satu Lembaga Perwakilan Rakyat dari Provinsi Gorontalo tepatnya DPRD Kabupaten BOALEMO. Kunjungan ini tentu merupakan kebanggan tersendiri bagi kami selaku Pemerintah Desa yang ingin menunjukkan eksistensinya sebagai desa yang ber inovasi di daerah paling Utara di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. 

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh KETUA DPRD BOALEMO Bpk. Hi. Karyawan Eka Putra Noho, S. Sos ini berlangsung sederhana tapi memiliki muatan pencerahan yang sangat berarti bagi kemajuan bersama, kehadiran Ketua DPRD bersama unsur pimpinan DPRD Boalemo Provinsi Gorontalo ini ingin memastikan seperti apa bentuk Inovasi Teknologi Pelayanan Publik dan keterbukaan informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Taopa Kecamatan Taopa itu. Pertemuan singkat namun sangat berarti itu dilaksanakan diruang tamu Kantor Desa Taopa yang pada saat ini sementara melakukan Rehab Kantor Desa, sehingga ruang tamu masih sangat berantakan, namun tempat sederhana itu tidak mengurangi nilai dan tujuan pertemuan. 

Bagi Pemerintah Desa Taopa Kecamatan Taopa tentu merasa bangga dan sangat terharu menerima kunjungan seperti ini, disaat Lembaga Perwakilan Rakyat di Daerah ini belum pernah berkunjung secara khusus sekaligus memberikan support dan dukungannya terhadap inovasi yang dilakukan oleh beberapa desa diparigi moutong termasuk desa taopa  terkait inovasi yang membutuhkan backup dari perwakilan rakyat untuk diperjuangkan secara kelembagaan, namun justru Perwakilan dari luar daerah bahkan dari luar provinsi tertarik dan ingin mengembangkan inovasi itu didaerahnya sekaligus mensupport. Tentu ini seolah menjadi kejadian luar biasa bagi pemerintah desa taopa. Karena jika Dewan Perwakilan Rakyat sudah peduli maka akan lebih muda pemerintah daerahnya menyusun program yang akan dijalankan, sebab palu sang Dewan sangat berarti bagi sebuah inovasi dan keberlangsungan program yang sedang dan akan dijalankan oleh pemerintah daerah dan desa. 

Seperti diketahui bahwa Inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Taopa saat ini adalah ingin menjadikan Desa Taopa sebagai Desa yang menggunakan berbagai platform pelayanan dan keterbukaan informasi publik berbasis Digital, seperti Anjungan Layanan Mandiri mirip ATM yang bisa membantu masyarakat dalam hal mengurus surat menyurat tanpa harus ke kantor desa, cukup mendatangi Anjungan layanan mandiri yang akan disiapkan oleh pemerintah desa dengan membawa KTP elektronik maka masyarakat sudah bisa mendapatkan Surat Keterangan yang dia butuhkan. Atau bisa juga mendownload aplikasinya di Playstore  untuk pengguna handphone android, maka si pemohon yang datanya benar - benar adalah masyarakat desa taopa dan bisa mengikuti petunjuk di aplikasi, maka masyarakat desa taopa dapat memesan surat - surat keterangan yang di inginkan nya melalui HP kapan dan dimana saja tanpa harus ke kantor desa. Salah satu keunggulan dari Aplikasi yang digunakan oleh pemerintah desa taopa ini diprogram sendiri oleh anak desa taopa dan dibantu oleh para programmer pegiat dan pengguna Aplikasi yang mumpuni dibidangnya masing - masing baik itu berasal dari dalam negeri maupun luar negeri, Sebut saja teman - teman di pegiat OpenSID, Rumah Data Desa, Pegiat dan Pengguna Desa Digital Indonesia yang alhamdulillah aplikasi yang digunakan oleh Pemerintah Desa Taopa Kecamatan Taopa ini telah terduplikasi dan digunakan oleh kurang lebih 14 Ribu Desa yang tersebar di seluruh Indonesia baik itu dalam bentuk penggunaannya offline atau sudah Online atau yang masih menggunakan versi standard maupun yang sudah versi premium. Sebuah aplikasi yang menawarkan beragam fitur canggih seperti fingerprint daftar Hadir Digital, Buku Tamu Digital, Pelayanan surat menyurat offline maupun online, Lapak Desa, Persil tanah warga, PBB dan lainnya ini cukup hanya dilakukan dalam satu genggaman. Tergantung kebutuhan desa penggunanya. Tentu inilah yang membuat ketertarikan Wakil Rakyat Boalemo yang berkunjung kekantor desa taopa dan kemungkinan ingin mengadopsinya. Turut bersama rombongan ketua DPRD Boalemo ada ibu Santi A.Jalite, S.IP Ketua Komisi 1 DPRD Boalemo, Supartini A. Kembuan (Anggota), Hj. Rensi Makuta, SE. M.Ak (Anggota), Hj. Selvi Oli'i SE (Anggota), Hi. Jimadin Hasan SH.M.Si (Anggota), Abdur Rahman Genti, S.Pd.I ( Anggota) dan Saripa A.Laiya (Anggota).

Walau kehadiran mereka disaat semuah fasilitas itu lagi off karena masih sementara rehab ruang kantor desa, tetapi secara spesifik pemerintah desa dapat memberikan gambaran dan penjelasan terkait dengan tujuan penggunaan inovasi teknologi dan keterbukaan informasi publik yang di pakai oleh pemerintah desa taopa. Camat Taopa Zein, SE yang didampingi oleh Sekcam dan kasi ekonomi kecamatan Taopa yang ikut bersama rombongan DPRD Boalemo turut menyimak perbincangan dan Berjanji Kantor Camat Taopa akan memasang OpenDK sehingga pemerintah kecamatan tidak lagi harus turun setiap bulan ke desa - desa hanya sekedar meminta data pindah lahir dan sebagainya, karena akan terhubung secara otomatis bahkan sampai ke Kabupaten jika diperlukan. 

Saat ini pemerintah desa taopa akan mencoba melobi kembali pihak Dukcapil Parigi Moutong kiranya bisa diajak kerja sama terkait dengan beberapa fitur yang memudahkan masyarakat agar tidak lagi harus keparigi cuman sekedar merubah status kependudukannya, atau pindah warga antar desa, atau hal - hal lainnya yang bisa langsung di urus di Desa terkoneksi langsung dengan Kecamatan dan Dinas di Kabupaten khususnya Dukcapil dan Dinas PMD Parigi Moutong. 

Pondasi pelayanan publik dan keterbukaan informasi yang digagas oleh pemerintah desa taopa ini perlu dukungan yang lebih maksimal dari seluruh stakeholder pemangku kebijakan baik itu ditingkat kecamatan, kabupaten bahkan ke tingkat provinsi. Agar kelak semuahnya dapat bersinergi untuk tujuan memudahkan pelayanan kepada masyarakat tanpa harus berbondong - bondong ke kantor yang di inginkan. Sekaligus ini merupakan sebuah gebrakan inovasi desa yang mampu melihat perkembangan dan kemajuan zaman yang kian moderen dan canggih. 

Semuah kita yang diberikan amanah sebagai pelayan masyarakat ini harus sudah mampu berfikir jauh kedepan untuk kepentingan anak bangsa yang kelak akan melanjutkan estafet pembangunan di daerah masing - masing. Tugas kita yang saat ini mengemban amanah adalah menyiapkan infrastruktur, sarana dan prasarana buat mereka kelak. 

Kalau kita tidak memulai hari ini, maka anak cucu kita akan ketinggalan dalam bidang kemajuan teknologi informasi. Sementara era saat ini kita semuah dituntut sudah harus mampu menguasai lajunya perkembangan teknologi.  Sehingga jika kita sudah meletakkan pondasinya saat ini, maka generasi berikutnya tinggal melanjutkan dan mengembangkannya. Itulah tujuan pemerintah desa taopa fokus pada peletakan pondasi pelayanan publik dan keterbukaan informasi berbasis digital.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:105
Kemarin:274
Total:276.772
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:52.14.190.74
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa