Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

DOKUMEN RKPDESA TAOPA TAHUN ANGGARAN 2025 DISAHKAN

Abdul Haris Laparako

28 September 2024

26 Kali dibuka

Jumat, 27 September 2024 bertempat diruang pertemuan Kantor Desa Taopa Kecamatan Taopa dilaksanakan Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Desa yang sekaligus membahas dan menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun Anggaran 2025. Musyawarah Desa ini dihadiri oleh Unsur Pemerintah Kecamatan sebagai Tim Monitoring dan Evaluasi, Dari UPT Dinas Kesehatan, Pendamping Desa, BPD dan Anggota, Imam dan Pegawai Syar'i, Perwakilan Kelompok Penerima Manfaat, Pengurus Karang Taruna, LPM, Kader Kesehatan Desa Tokoh Masyarakat dan Undangan lainnya.

Rahmat, S. Sos selaku Kepala Seksi Pemerintahan dalam Sambutan mewakili Camat Taopa memberikan Apresiasi Kepada Tim Penyusun Dokumen RKPDesa dan DU RKPDesa yang sudah bekerja semaksimal mungkin sehingga hari ini bisa disajikan dan dipaparkan kepada para undangan yang hadir. Desa Taopa hari ini benar - benar maksimal dalam mempersiapkan segala kebutuhan musyawarah desa, mulai dari RAB Kegitan, Dokumen RKPDesa dan Lampirannya. Berita Acara serta Notulensi Musdes semuah siap, sehingga sekalipun waktu sedikit agak molor tapi pembahasan cepat selesai karena semuah siap untuk dibahas dan disiapkan. 

Sementara Resni, S.Sos selaku Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Taopa mengatakan bahwa hasil Musyawarah Desa RKPDesa ini merupakan tahapan untuk menuju penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa selama 1 Tahun anggaran 2025 nanti, sehingga apapun hasil yang kita sepakati dan tetapkan hari ini akan menjadi landasan Tim APBDesa untuk menyusun Program, sekalipun kita ketahui bahwa sampai saat ini belum ada informasi besaran Pagu Anggaran perdesa Tahun 2025 beserta program - program yang menjadi skala prioritas Pemerintah secara Nasional, namun Tim RKPDesa Taopa sudah berinisiatif untuk menggunakan pagu tahun berjalan, sehingga jika ada perubahan mungkin tidak terlalu banyak ungkapnya. 

Sementara Ketua BPD Suciarto Oli'i sebelum membuka secara resmi Musyawarah Desa mengatakan bahwa proses musyawarah desa hari ini adalah merupakan bagian terpenting dari mekanisme pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa, dimana kegiatan seperti ini sudah menjadi agenda tahunan disemuah desa, dan kami selaku yang diberi kepercayaan untuk mengawal proses sejak dari perencanaan sampai pada pelaksanaan program dipemerintahan Desa Taopa benar - benar selalu berusaha untuk melaksanakannya, ini adalah amanah yang harus kita tunaikan dan musdes hari adalah kewajiban regulasi yang mesti dijalankan dan di lalui bersama antara BPD dan Pemerintah Desa. Jika salah satu dari tahapan proses tidak dijalani bersama dengan baik, maka yakin dan percaya akan muncul hal - hal lain yang bisa mengganggu proses stabilitas perjalanan pemerintahan didesa.

Untuk Program Prioritas ditahun Anggaran 2025 nnti Pemdes Taopa masih terfokus pada penanganan Stunting, yang juga merupakan program Nasional yang masuk kedesa. Intervensi Pemerintah Desa Taopa terhadap Penanganan Stunting masih sangat prioritas, apalagi Desa Taopa Tahun ini salah satu desa yang masuk kategori Lokus Stunting diwilayah Kabupaten Parigi Moutong. Jadi kami mencoba untuk sedikit menaikan volume dibidang Siaga Kesehatan Desa ungkap Kades Taopa Asno Ake, S. Sos disela - sela penyampaian pokok - pokok pikiran pemerintah desa dalam penyempurnaan Dokumen RKPDesa yang akan ditetapkan dan disahkan oleh BPD.

Pada intinya Pemerintah Desa Taopa Untuk Tahun Anggaran 2025 masih menggunakan Nomenklatur penganggaran tahun sebelumnya, sehingga tidak terlalu banyak berbeda dengan kegiatan tahun 2024 ini, kata kades 2 periode itu. Memang desa sedikit agak kewalahan menyusun Dokumen RKPDesa secara baku, karena terkendala pada Pagu Anggaran yang belum Final dari Pemerintah Pusat dan Daerah, serta Program - program Nasional yang menjadi kewenangan desa juga belum ada. Untuk mengantisipasi semuah itu maka Tim bekerja menggunakan standar Pagu tahun berjalan dan sub bidang yang sesui APBDesa Tahun Berjalan. Berharap Pagu Anggaran untuk Desa Taopa Tahun 2025 bisa bertambah sehingga tidak terlalu sulit merubah kegiatan yang sudah disepakati di Musdes Kali ini. 

Musyawarah Desa berlangsung Alot namun terukur karena semuah bisa terfasilitasi dan bisa ditampung untuk menjadi koreksi teknis perbaikan secara bersama - sama kedepan.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:138
Kemarin:274
Total:276.805
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.141.42.242
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa