Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

MONEV DANA DESA TAHAP 1 TAHUN ANGGARAN 2024 DIRANGKAI DENGAN PEMBENTUKAN TIM RKPDESA DAN REMBUK STUNTING

Abdul Haris Laparako

21 Juni 2024

35 Kali dibuka

Taopa_Monitoring dan Evaluasi dari Pemerintah Kecamatan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan bersama antara pemerintah desa dan pemerintah kecamatan yang dibantu oleh pendamping desa dan pendamping lokal desa, kegiatan ini dilaksanakan untuk lebih memastikan bahwa proses perjalanan kepemerintahan, pembangunan, pembinaan serta pemberdayaan didesa berjalan dengan baik. 

Monitoring dan Evaluasi juga merupakan langkah penting dalam mengawasi pengelolaan keungan desa, siklus monev sudah merupakan agenda penting yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam setiap tahapan yang dilalui. Desa Taopa saat ini sudah memasuki tahap ke II dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2024 baik itu berupa anggaran Alokasi Dana Desa, PDRD maupun Dana Desa itu sendiri, maka mutlak untuk di monitoring dan di evaluasi sudah sejauh mana pelaksanaan kegiatan yang diprioritaskan pada kegiatan tahap 1 yang sudah berjalan. Dan memastikan bahwa desa yang akan di monitoring dan di evaluasi sudah layak atau belum untuk melakukan pengajuan Tahap 2 berikutnya, jika belum, maka desa berkewajiban untuk segera menyelesaikan apa saja yang menjadi kewajibannya, baik itu dalam bentuk Laporan Pertanggung Jawaban, maupun realisasi penggunaan anggaran yang sudah atau sedang berjalan.

Juma't 21 Juni 2024 Desa Taopa Kecamatan Taopa mendapat giliran untuk di monitoring dan di evaluasi oleh tim monev kecamatan yang terdiri dari Camat dan unsur terkait dikecamatan, pendamping lokal desa dan pendamping desa.

Kepala Desa Taopa Asno Ake, S. Sos dalam pemaparannya menyampaikan bahwa secara keseluruhan program yang direncanakan di tahap 1 2024 untuk bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, bidang pembangunan, bidang pembinaan dan bidang pemberdayaan berjalan dengan baik dan tak menemui kendala berarti, ini karena memang ditahun 2024 ini pemerintah desa taopa belum banyak berkonsentrasi dengan pembangunan fisik, dari pagu anggaran yang tersedia ditahap 1 tahun 2024 yang meliputi kegiatan Earmark dan Non Earmark bisa dipastikan sudah terealisasi diatas 90%, Earmark tahap 1 yang meliputi kegiatan intervensi Stunting, BLT dan Ketahanan Pangan itu sudah terealisasi, kemudian untuk honor imam dan pegawai syar'i, kader kesehatan desa, operator, guru paud, TPQ dan Madrasah itu sudah dibayarkan, karena itu menyangkut hak orang banyak, ungkap kades 2 periode itu pada acara pembukaan monev.

Camat Taopa Zein, SE dalam sambutan yang sekaligus membuka kegiatan tersebut lebih menekankan pada capaian pengelolaan secara keseluruhan desa yang ada diwilayah kecamatan taopa, yang secara keseluruhan mengalami perubahan dalam tata kelolanya, walaupun memang ada beberapa desa yang masih terlambat, tetapi masih bisa menyesuaikan dengan desa - desa yang lain dikabupaten parigi moutong. Harapan tentunya kedepan ini menjadi lebih baik lagi. Camat menambahkan bahwa komunikasi sangat penting antara pihak kecamatan dan desa dalam hal memajukan wilayah kecamatan taopa dalam segala hal. Mari selalu berkomunikasi dengan baik dan jangan menciptakan jarak, sehingga kita bisa tumbuh bersama untuk mencapai tujuan yang sama. 11 Desa diwilayah kecamatan taopa ini jika benar - benar bersatu membangun kekuatan maka tidak ada yang mustahil untuk dilaksanakan, teruslah berlomba untuk selalu berinovasi membangun desanya, supaya tidak terkesan stagnan atau jalan ditempat, lakukan sesuatu yang bernilai untuk ditinggalkan pada masyarakat dan generasi berikutnya, seperti yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Desa Taopa pujinya.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi kali ini dirangkai dengan Pembentukan Tim RKPDesa Tahun Anggaran 2025 sekaligus dilanjutkan dengan Rembuk Stunting, sekali mendayung 2 atau 3 pulau terlampaui, ucap Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Taopa Resni, SE disela - sela kegiatan. Seperti diketahui bahwa kegiatan Monev kali ini dihadiri oleh : 

  1. Camat Taopa Zein, SE sebagai Ketua Tim Monev
  2. Resni, SE sebagai Anggota Monev
  3. Rahmat Daepalatu, S.Sos Sebagai Anggota Monev
  4. Ketua dan Anggota BPD
  5. Kepala Puskesmas Taopa
  6. Bidan Desa
  7. Bidan Gizi
  8. Kader Posyandu Anoa
  9. Kader BKR, BKL dan BKB
  10. Perwakilan PAUD
  11. Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa
  12. Tokoh Masyarakat
  13. Tokoh Pemuda
  14. Pemerintah Desa

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan berita acara pembentukan Tim RKPDesa dan Berita Acara Rembuk Stunting Tahun 2024/2025.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:32
Kemarin:213
Total:230.176
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:44.192.94.177
Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa