Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PARIGI MOUTONG LAKSANAKAN BIMTEK STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIMASI TAHUN 2024

Abdul Haris Laparako

12 Oktober 2024

9 Kali dibuka

Sabtu, 12 Oktober Tahun 2024 bertempat di gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Parigi Moutong dilaksanakan Bimbingan Teknis terkait STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TAHUN 2024 yang dihadiri oleh Pemerintah Desa sekabupaten Parigi Moutong yang mendapat Undangan Khusus dari Panitia, peserta yang hadir ini adalah desa - desa yang telah memenuhi syarat administrasi dan kelayakan baik dari sisi Administrasi maupun sisi penilaian lainnya oleh Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Daerah Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan Bintek yang dibuka langsung oleh Richard Arnaldo Djanggola, SE, M.S.A selaku Pj. Bupati Parigi Moutong ini bertemakan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial atau disingkat TPBIS ini diharapkan mampu mencipatakan inovasi - inovasi di daerah maupun didesa yang lahir dari TPBIS, Perpustakaan harus bertransformasi dari dulunya hanya sekedar tempat baca buku menjadi sebuah wadah pengembangan ekonomi, pemberdayaan masyarakat serta dapat melahirkan Inovasi Literasi yang dapat meningkatkan Sumberdaya Manusia di Desa. Perpustakaan harus sudah memberikan kontribusi terhadap gerak kemajuan desa dalam segala bidang, perpustakaan tidak bisa hanya menjadi lemari tempat menyimpan koleksi buku, akan tetapi lebih jauh dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Budaya Membaca buku harus terus digaungkan dan disosialisakan kepada masyarakat, arus era digitalisasi yang begitu pesat harus diimbangi dengan kesadaran akan pentingnya membaca, perpustakaan desa harus hadir menciptakan generasi yang berkualitas melalui aktivitas Literasi yang lebih luas. Karena kehadiran Program TPBIS tidak selesai pada soal membaca, akan tetapi segala lingkup kehidupan sosial masyarakat harus terjamah dan bisa menjadi solusi alternatif penunjang kemajuan bangsa, ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Daerah Kabupaten Parigi Moutong Moh. Sakti Lasimpala, S.Pd. SE, M.M., M.A.P dalam materi pengantar Bimbingan Teknis.

Pada Kegiatan Bimbingan Teknis ini pula dilaksanakan penyerahan Bantuan Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Daerah Kabupaten Parigi Moutong kepada 20 Desa yang dianggap memenuhi syarat, kedepan ini akan terus direplikasi kepada semuah desa di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

Harapan besar yang termaktub dalam program  TPBIS ini benar - benat dapat dimanfaatkan dan dikolaborasikan pengelolaannya dengan masyarakat desa, sehingga harapannya jauh  kedepan desa bisa berkembang,maju dan mandiri melalui TPBIS,ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Moh. Sakti Lasimpala, S.Pd, SE, M.M., M.A.P. Kita tentu sudah ketinggalan dibanding dengan daerah - daerah lainnya yang sudah lebih awal menerapkan prorgam TPBIS ini, akan tetapi dalam hal Inovasi Literasi tidak ada kamus terlambat, asal kita ingin maju maka semuhanya akan tercapai. https://go.ptmasplus.com

Sebelum Materi Bimtek Dimulai Pj. Bupati Menyerahkan Bantuan Berupa 1 Unit Komputer/PC, 1 Buah Lemari dan 1 Unit Kursi kepada 20 Desa yang telah memenuhi Persyaratan sekaligus sebagai peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek. Setelah Penyerahan Bantuan Kepada Seluruh Desa yang dianggap memenuhi syarat, Materi Bimtek dilanjutkan. 

Kegiatan Bimtek ini diisi dengan berbagai materi Literasi dan Inovasi yang semuahnya dibawakan oleh pemateri - pemateri yang memiliki kapasitas sebagai Pelatih Ahli bersertifikat Nasional TPBIS.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:72
Kemarin:287
Total:279.373
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.12.147.77
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa