Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

INSPEKTORAT DAERAH PARIGI MOUTONG LAKUKAN PEMERIKSAAN DOKUMEN LPJ DESA TAHUN ANGGARAN 2022

Abdul Haris Laparako

10 Maret 2023

495 Kali dibuka

Taopa_Tim Inspektorat Daerah Kabupaten Parigi Moutong kembali melakukan tugas dan fungsinya dalam hal pengawasan dan pembinaan terutama dalam pengelolaan Dana Desa, Alokasi Dana Desa, Pajak dan Retribusi yang masuk ke desa. Tujuan utamanya agar dalam hal pengelolaan Dana yang bersumber dari APBN dan APBD yang masuk ke desa  itu benar - benar dilakukan sesuai dengan prosedur yang diamanatkan oleh undang - undang. Kehadiran Tim Ispektorat yang masuk ke desa hendaknya tidak menjadi momok menakutkan bagi kepala Desa, karena desa yang diambil sebagai sampel pemeriksaan bukanlah semata desa yang bermasalah. Melainkan untuk mengetahui secara acak kebenaran pengelolaan Anggaran APBDesa yang sudah ditetapkan melalui Musyawarah Desa tercapai atau tidak. Ada 3 Desa yang menjadi sampel pemeriksaan oleh Inspektorat Daerah Parigi Moutong tahun 2023 ini, diantaranya : Desa Taopa, Desa Taopa Barat dan Desa Paria. Tentu ini menjadi salah satu bukti bahwa Inspektorat Daerah Parigi Moutong benar - benar ingin bahwa semuah desa diperiksa pengelolaannya, hanya saja keterbatasan personil dan banyaknya jumlah desa diwilayah Parigi Moutong, membuat tim Inspektorat Daerah hanya mengambil Sampel perkecamatan. Ungkap Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Parigi Moutong Bapak Adrudin Nur, S.Pd. M.Si didepan seluruh Kades, Sekdes dan Bendahara Se Kecamatan Taopa yang hadir sebelum pemeriksaan dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Maret 2023 di Aula Kantor Camat Taopa. Hadir pula pada pertemuan tersebut Inspektur Pembantu Bidang Investigasi Inspektorat Daerah Parigi Moutong Bapak Muh. Ishak H, SS, M.Si yang ikut memberikan penguatan sekaligus wejangan kepada Kades dan perangkat Desa yang hadir.

Jum'at, 10 Maret 2023 Pemeriksaan dilanjutkan ke desa - desa yang menjadi sampel pemeriksaan dokumen LPJ Desa Tahun Anggaran 2022. Namun berbeda dengan pemeriksaan sehari sebelumnya, pada pemeriksaan hari kedua ini fokus kepada penerima manfaat dari Dana Desa yang sudah digulirkan sepanjang tahun 2022, terutama Kader Kesehatan Desa, Bidan Desa, Guru Paud, MDA dan TPQ serta Operator yang menerima langsung Insentif bulanan yang di anggarkan dalam APBDesa Tahun 2022 di Desa Taopa. Seluruh Kader dan peserta yang hadir satu persatu ditanya dan dikonfirmasi kebenarannya oleh tim pemeriksa, memastikan bahwa benar Dana Desa sudah tepat dan sudah diterima sesuai Hak yang termuat dalam APBDesa dan Laporan Keuangan Desa, sekaligus mendengarkan keluhan, saran dan masukan jika ada selama menjadi pionir desa. Hadir pula dan ikut mendampingi kegiatan pemeriksaan inspektorat dikantor Desa Taopa ini adalah Pendamping Desa Kecamatan Taopa Candra Setiawan, S.Pd. M.Pd. yang sejak sehari sebelumnya bersama kades dan perangkat desa. Kehadiran Pendamping Desa dan Pemdamping Lokal Desa ini ikut menyemangati kegiatan pemeriksaan yang berlangsung.

Tim Inspektorat Daerah Kabupaten Parigi Moutong yang turun dikecamatan Taopa dan melakukan pemeriksaan adalah :

1. Hj. Sunarti, SP. M.Si Selaku Wakil Penanggung Jawab.

2. Mohamad Rizal, SE sebagai Supervisor.

3. Hasmawati, SKM, M.M selaku Ketua.

4. Iswadi, SKM. M.Kes selaku Anggota.

5. Putu Paris, SE selaku Anggota.

6. Manajeng, S.Sos Selaku Anggota.

Sebelum Melakukan Pemeriksaan dan pertemuan terlebih dahulu Tim berpartisipasi mengisi Buku Tamu Digital yang tersedia pada Anjungan Layanan Mandiri Kantor Desa Taopa sekaligus melakukan Testimoni Dukungan Terhadap Kesiapan Desa Taopa menjadi Tuan Rumah Musyawarah Nasional Open Desa Digital Terbuka Indonesia Tahun 2025.  Sekaligus memberikan Support untuk Desa Taopa agar selalu maju dalam bidang Digitalisasi Keterbukaan Informasi Desa. Sehingga Kedepan Taopa bisa bersaing dan ikut sejajar dengan Desa - Desa lain yang sudah terlebih dahulu maju, terutama desa - desa dipulau Jawa dan Sumatera. 

Kegiatan pertemuan ini berlangsung sampai waktu Shalat Jum'at, setelah itu Tim melanjutkan pemeriksaan yang sama ke Desa Taopa Barat.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Jiman

01 Januari 2023 05:46:08

Mantap PPDI Bersinergi membangun desa...

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:107
Kemarin:266
Total:264.197
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.145.33.156
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa