You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Taopa
Desa Taopa

Kec. Taopa, Kab. Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah

Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

MUSREMBANG KECAMATAN TAOPA DIHADIRI SEKRETARIS BAPPELITBANGDA PARIGI MOUTONG

Abdul Haris Laparako 16 Februari 2023 Dibaca 230 Kali
MUSREMBANG KECAMATAN TAOPA DIHADIRI SEKRETARIS BAPPELITBANGDA PARIGI MOUTONG

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Parigi Moutong Krisdaryadi Ponco Nugroho, S.STP Hadir Langsung dalam kegiatan Musrembang Kecamatan Taopa Tahun 2023, kehadiran orang nomor 2 di Bappelitbangda Parigi Moutong ini tentunya memberi angin segar buat para Kepala - Kepala Desa dan UPTD, Koordinator Maupun Perwakilan OPD serta para undangan yang hadir. Pasalnya kehadiran sosok pemimpin yang murah senyum ini dapat menjawab keluh kesah para kepala desa yang ada diwilayah Kecamatan Taopa terkait dengan kegiatan Musrembang yang kesannya selama ini hanya seremonial dan hampir tidak terlaksana. Kejenuhan para kepala desa dan masyarakat dari masa ke masa terhadap hasil musrembang yang prosesnya begitu panjang dan melelahkan namun tak kunjung tiba itu, dijawab oleh 2 orang narasumber, yaitu sekretaris Bappelitbangda dan Kacabjari Moutong dengan sedikit humoris tapi serius. Bahwa apapun yang kita semuah laksanakan hari ini bukanlah kegiatan buatan camat, atau Bappelitbangda atau pihak kejaksaan dan kepolisian, namun kegiatan hari ini merupakan Amanat Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, yang dijabarkan dalam Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 dan Permendesa 21 Tahun 2020 Tentang Perencanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Olehnya mari kita ikuti saja proses kegiatan hari ini sesuai mekanisme, untuk tindak lanjutnya nanti kita semuah akan kawal pada tahapan berikutnya.

Dari sekian banyak usulan dan curhat peserta pada musrembang kali ini ada beberapa hal yang dianggap seksi untuk menjadi bahan perbincangan diantaranya :

1. Taopa Utara, Soal Usulan Pengaspalan Jalan dari Desa Taopa menuju Desa Taopa Utara yang diusulkan sejak tahun 2007 sampai saat ini belum ada tanda - tandanya.  Juga terkait dengan informasi Eksplorasi dan pemetaan tambang emas Oleh PT. Citra Palu Mineral yang masuk diwilayah Taopa Utara dengan rencana areal eksplorasi seluas 85.000 Ha. 

2. Desa Taopa, Pengaspalan Jalan Lingkar Desa yang berada di wilayah Desa Taopa dengan alasan Desa Taopa Sebagai Pusat ibu kota Kecamatan Taopa. Juga dengan Usulan Pembukaan Jalan Baru Menuju Obyek Wisata Pantai Pulau Pomponan.

3. UPT Puskesmas Taopa, Terkait dengan kesiapan Lokasi untuk percepatan Pembangunan Puskesmas Taopa yang baru dengan 2 alternatif tempat yakni Lokasi Pemda Eks Lokasi MTQ Desa Taopa dan Desa Bilalea. Serta beberapa permasalahan lainnya yang dibahas secara bersama untuk diangkat ke Musrembang Kabupaten Parigi Moutong. 

Semuah hal - hal yang disampaikan itu, menjadi Atensi kami pada saat musrembang ditingkat kabupaten nantinya, ungkap sekban. 

Sekretaris Bappelitbangda Parigi Moutong bersama rombongan langsung meninggalkan tempat kegiatan setelah berpamitan dengan para kepala desa dan undangan dengan titip pesan dukungan Do'a agar semuahnya diberi kesehatan dan kekuatan dalam mengemban Amanah.

Selepas melaksanakan Kegiatan Musrembang Camat Taopa langsung mengumpulkan para kepala desa membahas terkait dengan kesiapan Kepala Desa dalam mengikuti Bimtek, membahas dukungan terhadap tim bola kaki persitimo, dukungan bersama kepala desa terhadap tim U 12 dan U 14 yang saat ini baru saja selesai kegiatan seleksinya dan sebagai upaya mendukung program olahraga masuk desa dan Sulteng Emas.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image