You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Taopa
Desa Taopa

Kec. Taopa, Kab. Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah

Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

BUKU TAMU DIGITAL PENUNJANG INOVASI LAYANAN PUBLIK KANTOR DESA TAOPA

Abdul Haris Laparako 01 Februari 2023 Dibaca 317 Kali
BUKU TAMU DIGITAL PENUNJANG INOVASI LAYANAN PUBLIK KANTOR DESA TAOPA

Ada yang seksi dipelayanan Kantor Desa Taopa Kecamatan Taopa Tahun 2023 ini khusunya inovasi berbasis Digital. Salah satu dari sekian banyak inovasi berbasis Digital pada pelayanan dan keterbukaan informasi publik Pemerintah Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong adalah Buku Tamu Digital yang disematkan pada Anjungan Layanan Mandiri Kantor Desa Taopa. Setiap tamu yang berkunjung ke kantor desa taopa baik untuk keperluan mengurus administrasi maupun keperluan lainnya diwajibkan mengisi Buku Tamu Digital ini. Hal Baru ini tentu menjadi salah satu langkah maju oleh pemdes Taopa dalam mengikuti trend era digitalisasi. Era dimana hampir seluruh penduduk dunia seolah terhipnotis dengan segala perubahannya. Kebutuhan akan Informasi, kemudahan dalam mengurus keperluan administrasi, data maupun kemudahan lainnya tentu harus kita jawab dengan Nawaitu untuk melakukan inovasi mengikuti era globalisasi yang kian dirasakan kemudahannya oleh masyarakat. Inovasi Buku Tamu Digital ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah desa dalam membangun paradigma berfikir dan bertindak nyata dalam mengisi pembangunan didesa. 

Camat Taopa Sodiq Hamzah, S.Pd.M.Pd dalam kunjungannya ke kantor desa taopa sempat terkagum - kagum setelah beliau dan rombongan mengisi daftar buku tamu digital dan melihat - lihat website desa di anjungan layanan mandiri kantor desa taopa.  Sembari melihat ruang dan fasilitas pelayanan yang ada dikantor desa taopa, kalau begini semuah kantor desa maka akan nyaman bekerja karena suasananya hidup, apalagi ditambah dengan layanan yang sudah digital seperti ini, tentu lebih memudahkan kita mengetahui informasi terkait dengan desa taopa. Bentuk inovasi digital ini akan menambah nilai plus desa taopa dengan desa - desa yang lain. Semestinya yang seperti ini bagus untuk ditiru, bukan hanya sibuk dengan urusan itu - itu saja. Tanpa melakukan lompatan program yang inovatif. Padahal Taopa ini dulunya dipenglihatan dan pendengaran saya sedikit agak kurang bagus, dengan tauran dan kenakalannha, tapi ternyata ditangan Kades yang inovatif dan sudah 2 periode ini mampu merubah image saya itu. Dan hari ini pun sy buktikan bahwa desa taopa layak diacungi jempol dan bisa didukung. Sy akan upayakan selama saya menjabat sebagai camat ditaopa ini akan berusaha melobi teman - teman di dinas maupun jaringan kementerian untuk mensupport desa taopa ini dengan menurunkan bantuan kebutuhan penambahan sarana dan prasarana pendukung inovasi desa digital ini.

Buku Tamu Digital ini merupakan alat kontrol dan mudah dilakukan. Sebagai alat pengganti buku tamu manual, buku tamu digital ini merupakan upaya pemerintah desa taopa maju lebih terdepan diantara desa - desa yang lain khusunya dikecamatan Taopa kabupaten Parigi Moutong. Inovasi digital ini diharapkan mampu mengikuti trend zaman yang saat ini sudah hampir serba digital. Dan Desa pun harus tampil menjadi pendorong perubahan itu. Untuk sampai ketitik ini pemerintah desa taopa tentu memilki ceritanya sendiri, tapi apapun itu, paling tidak pemdes Taopa saat ini sudah mampu meletakkan pondasi awal kemajuan desa itu sendiri. Sebagai Pemegang juara lomba inovasi pelayanan publik tingkat kabupaten Parigi Moutong, Taopa terus berbenah, salah satunya menyematkan daftar hadir digital dan buku tamu digital diaplikasi Si DEDI OpenSID desa taopa. Kedepan bila ruang penganggaran di Dana Desa dibukakan khusus untuk kode rekening desa digital, maka pemdes akan menambah fasilitas pendukung berupa pembangunan command center pelayanan pemerintah desa 1 kali 24 jam. Disamping berharap di Dana Desa juga berharap kepada pemerintah daerah maupun pusat dapat membantu secara maksimal inovasi pemdes Taopa ini. Itu harapan dan impian ungkap Abdul Haris Laparako selaku Admin Si DEDI OpenSID desa taopa.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image