You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Taopa
Desa Taopa

Kec. Taopa, Kab. Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah

Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

PULAU POMPONAN PULAU TERDEKAT EKSOTIK DAN MENAWAN

Abdul Haris Laparako 28 Desember 2023 Dibaca 241 Kali
PULAU POMPONAN PULAU TERDEKAT EKSOTIK DAN MENAWAN

Pulau Pomponan merupakan gugusan pulau kecil yang ada di Sulawesi tengah. Pulau yang berhadapan langsung dengan pantai Teluk Tomini ini berjarak sekitar 8-9 kilometer ke arah selatan desa taopa, yang juga merupakan wilayah dusun IV Desa Taopa Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. 

Pulau seluas kurang lebih 1 Hektar ini hanya ditumbuhi oleh pohon - pohon mangrove yang rindang dan pohon angin yang menjulang. Sementara bersebelahan dengan pulau ini sudah tampak lahan - lahan petani Empang yang luas membentang. Tentu Pomponan itu sendiri memiliki historis tersendiri, baik itu nama maupun kondisinya dahulu. Namun kami akan bahas itu pada tulisan berikutnya. 

Yang perlu kami urai ditulisan ini adalah kondisi Pulau Pomponan saat ini, potensi dan proyeksinya kedepan. Sebagai bagian gugusan pulau di sulawesi tengah kabupaten Parigi Moutong, tentu pulau ini harus dijaga dan ditata, ancaman terbesar yang selalu ada itu adalah penebangan pohon mangrove secara liar dipulau Pomponan ini. Ini tentu harus mendapat perhatian khusus dari semuah pihak, namun ini tidak terlepas dari Akses langsung dari desa taopa menuju Lokasi Pulau terdekat ini masih sangat sulit, kalaupun ada akses itu hanya melalui jalan setapak penghubung dari desa taopa barat dan desa Palapi. Untuk akses jalan langsung dari desa taopa sebagai pemilik pulau ini belum ada, inilah kendala utama yang didapatkan oleh pemerintah desa dan masyarakat Taopa untuk meng akses lokasi pulau tersebut, butuh pembukaan jalan baru dan itu anggarannya sangat besar jika menggunakan Dana Desa. Sehingga titik tumpuan harapan dibuka dan dibangunnya akses jalan darat menuju pulau pomponan itu ada pada pemerintah daerah, baik itu kabupaten, provinsi maupun kementerian terkait ditingkat pusat. 

Pulau Pomponan ini juga sangat dekat dengan lokasi rencana pembangunan lapangan pesawat yang sudah berkali - kali ditinjau oleh dirjen perhubungan Republik Indonesia. Dan juga pulau ini sangat dekat dengan lokasi rencana pembangunan Kantor Bupati DOB Kabupaten Moutong. Tentu ini sangat strategis kedepan untuk dijadikan sebagai obyek destinasi. Dua rencana lokasi strategis kedepan itu tentu jika terwujud maka Pomponan akan berada di zona strategis dalam hal destinasi wisata mangrove. Beberapa upaya terus dilakukan baik oleh komunitas, kelompok masyarakat untuk melestarikan mangrove disekitaran pulau pomponan ini, namun itu belum maksimal, karena akses darat menuju lokasi tersebut masih sangat sulit ditempuh apalagi jika Musin hujan. 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image