You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Taopa
Desa Taopa

Kec. Taopa, Kab. Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah

Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

ECO PRINT BATIK MAGAYA DESA TAOPA MASUK NOMINASI PENGANUGERAHAN LOMBA INOVASI PRODUK DAERAH BAPPELITBANGDA PARIGI MOUTONG 2023

Abdul Haris Laparako 14 Desember 2023 Dibaca 294 Kali
ECO PRINT BATIK MAGAYA DESA TAOPA MASUK NOMINASI PENGANUGERAHAN LOMBA INOVASI PRODUK DAERAH BAPPELITBANGDA PARIGI MOUTONG 2023

Desa Taopa merupakan salah satu desa di Kabupaten Parigi Moutong yang aktif mengikuti kegiatan lomba inovasi yang dilaksanakan oleh Bappelitbangda Parigi Moutong, kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Bappelitbangda ini adalah kali kedua di ikuti oleh Desa Taopa. Pada lomba tahun sebelumnya Desa Taopa meraih predikat Juara Terbaik I Lomba Inovasi Keterbukaan Informasi Publik di kelas Pelayanan Publik tingkat OPD dan instansi lingkup pemerintah Daerah Parigi Moutong melalui Inovasi Si DEDI (Sistem Informasi Desa Digital) OpenSID.

Untuk tahun 2023 ini desa taopa kembali mengikutkan pesertanya namun pada kategori yang berbeda yakni Inovasi Produk Daerah. Seperti kita ketahui bahwa ada dua kategori perlombaan yang dibuka oleh Bappelitbangda Parigi Moutong yakni Lomba Inovasi Produk Daerah (IPDa) serta Lomba Inovasi Teknologi Daerah. Untuk Lomba Inovasi Teknologi itu menyasar inovasi yang dilaksanakan oleh Sekolah SMP, SMA/SMK  dan masyarakat umum, sehingga Desa Taopa tidak mengikutsertakan Si DEDI OpenSID. Insya Allah Tahun berikutnya dibuka kembali untuk OPD dan instansi.

Untuk Lomba Inovasi Produk Daerah, Desa Taopa memasukkan Kelompok Membatik dengan Teknik Eco Print dengan nama Eco Print Batik Magaya. Cara membatik menggunakan daun dengan metode pounding dan perendaman ini mendapat apresiasi dari Tim Bappelitbangda Parigi Moutong. Hanya saja masih dibutuhkan replikasi yang lebih banyak ke khalayak. Artinya sistem membatik seperti yang dilakukan oleh kelompok masyarakat Taopa itu harus lebih di masyarakatkan dan dapat dilakukan oleh orang banyak. Sehingga teknik membatik dengan memanfaatkan bahan disekitar kita itu bisa menghasilkan pundi - pundi ekonomi. Jika ini bisa dilakukan terus menerus maka tidak menutup kemungkinan kedepan ECO Print Batik Magaya ini bisa go Nasional bahkan internasional. Sebisa mungkin produk Batik Magaya ini bisa menjadi souvenir bagi para tamu dari luar desa taopa, mungkin dari luar kabupaten Parigi Moutong atau mungkin dari luar provinsi Sulawesi Tengah. Karena hasil olahan Kain Batik ECO print ini bisa dibentuk apa saja bisa. Kalau stoknya sudah melimpah dan nilai promosinya sudah menggaung kemana - mana, maka bisa dipastikan produk ini akan menjadi salah satu produk ikon desa taopa, kecamatan Taopa kabupaten Parigi Moutong. 

Produk Kain Batik dengan Teknik Eco Print yang digagas dan di masyarakatkan oleh ibu Sawalina Laparako ini menjadi perhatian khusus bagi tim penilai lomba inovasi produk daerah yang digelar oleh Bappelitbangda Parimo. Namun masih perlu dukungan dari semuah pihak baik dalam hal pendanaan maupun sosialisasi dan publikasinya dimasyarakat. Sehingga produk kain Batik Magaya itu tidak hanya orang Taopa atau sekelompok orang Taopa yang kenal, tapi dikenal dikalangan luas. Ungkap Krisdaryadi Ponco Nugroho, S.STP. M.Si sekban bappelitbangda Parigi Moutong disela - sela acara penutupan sekaligus penganugerahan kepada peserta lomba yang dilaksanakan di auditorium Bappelitbangda Parimo Kamis, 14 Desember 2023.

Asno Ake, S.Sos Kepala Desa Taopa melalui unggahan dimedia sosial mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya atas partisipasi serta usaha dari ibu Sawalina dan anggota kelompoknya yang sudah membawa nama baik desa taopa di event bergengsi Bappelitbangda.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image