Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

DINAS PMD PARIGI MOUTONG LAKUKAN VERIFIKASI DAN ASISTENSI DOKUMEN RKPDESA TAHUN 2024 KECAMATAN TAOPA

Abdul Haris Laparako

24 November 2023

326 Kali dibuka

Tim Verifikasi dan Asisitensi RKPDesa Kabupaten Parigi Moutong turun lapangan menyisir semuah Kecamatan dan Desa yang ada diwilayah Parigi Moutong.

Senin 20 November 2023 bertempat di Aula Pertemuan Kantor Camat Taopa Tim Asistensi Kabupaten yang terdiri dari Pejabat yang ada di Dinas PMD Parigi Moutong bersama Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Parigi Moutong mengumpulkan seluruh Tim RKPDesa dari 11 Desa di Kecamatan Taopa. Verifikasi yang dibuka langsung oleh Camat Taopa Zein, SE ini berlangsung formal Santai tapi serius. Tim yang dimotori langsung oleh IMMANUEL GUNTUR JAYA, SE dari Dinas PMD Parigi Moutong ini terlebih dahulu memeriksa Dokumen RKPDesa dikecamatan Moutong bersama anggota tim lainnya, setelah itu langsung ke Kecamatan Taopa untuk memastikan bahwa Dokumen RKPDesa yang tahapannya sudah selesai dari beberapa bulan yang lalu benar - benar sudah sesuai dengan standar Dokumen RKPDesa. Kemudian menyesuaikan dan menyelaraskan lampiran dokumen RKPDesa tahun anggaran 2024 dan DU RKPDesa Tahun Anggaran 2025 dengan program RKP Kabupaten dan program Nasional.

Output dari kegiatan ini menurut salah seorang anggota tim yang ikut hadir yakni Bapak Veri adalah memastikan bahwa Tahapan yang sudah dilalui oleh Desa sampai dibuatnya Dokumen RKPDesa ini benar - benar dilaksanakan, dan itu dapat dibuktikan dengan hasil yang ada di dokumen, misalnya kalau memang Desa benar - benar melaksanakan Musdes Pra RKPDesa dan sebagainya, maka tim RKPDesa harus bisa membuktikan secara fisik dokumen berita acara, notulensi, daftar hadir dan dokumentasi. Sehingga jika saat ini masih ada dokumen yang belum sempurna atau belum lengkap segera dilengkapi, selanjutnya dibawah ke Parigi untuk diperiksa kembali dan mendapatkan tanda tangan cap dari tim asistensi verifikasi dokumen yang sah.

Salah seorang peserta yang hadir  Robianto, S.Pd Sekdes Taopa Utara yang ikut diperiksa dokumennya mengatakan bahwa saat ini sudah lebih baik dari pelaksanaan Verifikasi seperti ini, dulu kami harus keparigi, berhadapan dengan Tim Lintas Sektor diparigi. Biasanya kami dulu kalau kegiatan seperti harus keparigi, disana sudah ada tim menunggu dan itu banyak dari berbagai dinas dan badan, kalau sekarang Alhamdulillah mereka sendiri yang turun ke kecamatan dan desa, jadi bersyukurlah teman - teman yang tidak merasakan penderitaan seperti kami dulu, ungkap sekdes babadondot dari Taopa Utara. 

Selesai Pemeriksaan Dokumen Tim langsung menyampaikan hasil kekurangan masing - masing Dokumen yang diperiksa sebelumnya. Sehingga semuah catatan kekurangan dokumen disampaikan langsung kepada desa bersangkutan untuk dilakukan perbaikan. Hal ini kata Immanuel dilakukan oleh Tim Verifikasi dan Asistensi untuk kesempurnaan dokumen yang dimilki oleh desa. Karena Dokumen RKPDesa ini adalah dokumen resmi tahunan yang dimiliki oleh desa sebelum melakukan tahapan Musyawarah Desa penetapan APBDesa Tahun berjalan. Jika Dokumen RKPDesa nya cacat hukum atau tidak sesuai standar regulasi maka dipastikan Proses penetapan APBDesa nya pun  akan menemukan kesulitan. RKPDesa ini harus sesuai dengan Apa keinginan RPJMDesa yang sudah disusun sebelumnya, karena dari hasil pengamatan yang ada di RPJMDesa itulah kemudian dituangkan dalam Dokumen RKPDesa secara prioritas dan selanjutnya akan dimuat dalam APBDesa. Itulah mengapa setiap dokumen mulai dari RPJMDesa, RKPDesa dan APBDesa harus singkron. 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Jiman

01 Januari 2023 05:46:08

Mantap PPDI Bersinergi membangun desa...

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:121
Kemarin:266
Total:264.211
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.22.61.41
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa