You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Taopa
Desa Taopa

Kec. Taopa, Kab. Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah

Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

ROTASI PERANGKAT DESA, KADES TAOPA LANTIK DAN KUKUHKAN DIDEPAN CAMAT, PENDAMPING DESA DAN BPD

Abdul Haris Laparako 31 Januari 2023 Dibaca 348 Kali
ROTASI PERANGKAT DESA, KADES TAOPA LANTIK DAN KUKUHKAN DIDEPAN CAMAT, PENDAMPING DESA DAN BPD

Naiknya Status Desa Taopa Kecamatan Taopa dari Berkembang menjadi Desa Maju berdampak pada penambahan Perangkat Desa dari yang sebelumnya 11 orang termasuk Sekdes, menjadi 12 orang yang terdiri dari 6 orang Kepala Dusun dan 5 orang Kaur dan Kasi serta 1 Orang Sekdes. Proses perekrutan sesuai dengan Amanat Permendagri No 67 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, mulai dari pembentukan Panitia, Konsultasi dengan Camat Taopa, dilanjutkan dengan Tes Tertulis dan wawancara, setelah proses itu dilalui, maka Camat Taopa mengeluarkan Rekomendasi. Dasar Rekomendasi itulah kemudian Kepala Desa Melantik dan mengukuhkan 2 orang Perangkat Desa hasil penjaringan dan 3 orang Perangkat Desa Hasil Rotasi. Bagi Perangkat Desa yang lain yang posisinya tidak berubah, maka tidak dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan.

2 Perangkat Desa hasil penjaringan itu terdiri dari 1 orang perangkat desa tambahan untuk kepala urusan dan 1 orang Kepala Dusun Pengganti, Karena Kepala Dusun Sebelumnya mengundurkan diri dengan pertimbangan usia sudah 62 tahun.

Ditahun 2023 ini Kades Taopa ASNO AKE, S.Sos sudah 2 kali melantik, yang pertama melantik Kader Kesehatan Desa, Staff dan Operator. yang kedua melantik Perangkat Desa dan Pengurus PKK Desa. Pelantikan dan Pengukuhan ini berlangsung Khidmat dan dihadiri oleh Camat Taopa, Kasi PMD, Ketua BPD, Pendamping Desa dan tokoh masyarakat. 

Kades Taopa Asno Ake seusai pelantikan memberikan arahan kepada perangkat desa yang baru dilantik untuk lebih meningkatkan kinerja masing - masing dalam menunjang setiap program yang sedang dan akan dilaksanakan. Taopa saat ini sudah tidak lagi bersaing dengan desa dikecamatan Taopa, tapi sudah bersaing di 277 desa dikabupaten Parigi Moutong Bahkan Diseluruh Indonesia, Kedepannya akan banyak desa yang berkunjung ke Desa Taopa melihat dan menyaksikan perkembangan Desa Taopa dalam hal Digitalisasi Desa. Tentu ini tantangan dan ini tidak bisa main - main. Ruh pengabdian membangun desa harus terpatri dan menjadi motivator kita semuah, ungkap Kades yang menjabat diperiode keduanya ini. Saya selaku kepala desa sejak ada informasi penambahan 1 orang perangkat Desa dan rencana pergantian kepala dusun V karena sudah mengundurkan diri pertimbangan Usia sudah 62 tahun, langsung berkoordinasi dengan Pendamping Desa saudara Candra Setiawan, S.Pd. M.Pd, meminta saran dan masukan, dari arahan beliau kami melanjutkan untuk proses dan tahapan dengan selalu berkomunikasi dengan beliau dan pak Camat Taopa. Sehingganya pelaksanaan ini Sukses seperti yang kita saksikan semuah hari ini.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Camat Taopa, Sodik Hamzah, S.Pd. M.Pd. Camat yang baru beberapa bulan bertugas dikecamatan Taopa ini merasa Kagum dengan Kemajuan dan Capaian yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Taopa dalam hal mengelola dan menjadikan Taopa Maju dan Berdaya Saing. Seharusnya Desa - Desa dikecamatan Taopa ini mengambil contoh dari desa taopa, karena apa yang dilakukan oleh desa taopa saat ini sudah skala Nasional, sehingga Naif bila kita hanya mengagumi desa taopa tapi tidak mengikuti langkahnya, tandas beliau. Apa yang Taopa lakukan ini sudah sangat layak untuk ditiru dan diterapkan didesa - desa diwilayah Kecamatan Taopa, tidak usah jauh - jauh studi tiru ke desa dipulau Jawa sana, studi ke Kantor Desa Taopa saja sudah cukup, kata camat sambil tertawa ringan.

Contoh Kecil saat ini desa taopa sudah memiliki pelayanan Buku Tamu Digital, Daftar Hadir Perangkat Desa Digital dan masih banyak lagi inovasi Digital Desa Taopa yang perlu diambil sisi baiknya. Kemudian kedepan akan membuat sebuah Aplikasi Smart PKK, Menambah Anjungan Layanan Mandiri disetiap Pojok Desa, yang terkoneksi langsung dengan Aplikasi Sistem Informasi Desa Digital (SiDEDI) OpenSID dan Website Desa. Bila kita dikecamatan Taopa ini saja sudah mampu mengikuti langkah pemerintah Desa Taopa ini, maka itu berarti kita sudah bisa memanfaatkan Era Digital 4.0 saat ini. 

Kegiatan Pelantikan Perangkat Desa ini pula dirangkai dengan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus TP. PKK Desa Taopa Tahun 2023 yang dilantik oleh Kepala Desa dan dikukuhkan oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Taopa. Seusai Penyematan Pin PKK acara dilanjutkan dengan Foto Bersama tokoh masyarakat dan BPD

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image