Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

TAOPA MENUJU DESA DIGITAL 2022

Abdul Haris Laparako

02 September 2021

364 Kali dibuka

PANDEMI TAK MENGHALANGI KAMI BERINOVASI.

Desa Taopa adalah salah satu dari 278 Desa di Parigi Moutong yang terus berinovasi dimasa Pandemi Covid - 19.

Ketika Korona Membatasi Aktivitas Masyarakat dan Aktivitas Perkantoran tidak membuat surut semangat Pemerintah Desa Taopa, apalagi apatis dengan keadaan, justru Pandemi melahirkan sebuah Inovasi pelayanan publik yang sangat ideal.

Bekerja sama dengan salah satu Komunitas Pegiat Desa Digital yang mumpuni yakni OpenSID (Open System Informasi Desa) yang berbasis Website. Dengan Pengguna lebih dari 10 Ribu Desa, 3.500 Kecamatan, 416 Kabupaten Kota serta 33 Propinsi se Indonesia. Desa Taopa bergabung bersama mereka sejak tahun 2019, awalnya coba - coba sampai menjadi salah satu pelanggan fitur Premium yang setiap bulan menikmati pembaharuan versi dari komunitas tersebut.

Beberapa Manfaat dari OpenSID secara Umum Berupa : 

1. Layanan Kantor Desa Lebih Efisien dalam Pelayanan Administrasi Surat Menyurat. Mudah, Cepat dan Akurat.

2. Layanan Kantor Desa lebih Efektif dalam hal menyimpan data, memilah data penduduk sesuai yang diinginkan berupa by name by address, by name by Nik dan data - data kependudukan lainnya.

3. Pemerintah Desa Lebih Transparan melalui website desa yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

4. Pemerintah Desa Lebih Akuntabel dalam pengelolaan dana yang masuk ke desa, Progres Capaian Bidang Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

5. Layanan Publik Lebih baik dengan menyiapkan beberapa Fitur diantaranya Layanan Mandiri berbasis HP Android, Anjungan Layanan Mandiri, Lapak Khusus Jual Beli dan Akses Peta Desa yang lengkap

 

Desa Taopa Yang juga merupakan Desa Tertua di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong Terus berbenah diri dan terus melakukan Inovasi.

Desa yang memiliki jumlah penduduk hampir 3000 jiwa ini awalnya sangat kesulitan dalam melayani kebutuhan data yang berkaitan dengan masyarakatnya.

Desa Taopa yang dinahkodai oleh Kepala Desa Asno Ake, S. Sos ini ingin memberikan kado yamg terindah di Hari Jadi Taopa yang ke 93 tahun dengan melaksanakan Lounching Desa Digital. 

Berbagai Persiapan terus dilakukan, mulai dari validasi verifikasi data sampai dengan pembenahan tempat pelayanan administrasi dikantor Desa Taopa.

Kepala Sekretariat Kantor Desa Taopa yang sangat konsisten dengan pelayanan Administrasinya Abdul Haris Laparako Sekdes Taopa Optimis bulan Oktober 2021 Acara Lounching Desa Digital akan terlaksana, 

Sekdes menambahkan bahwa Desa Taopa akan tampil dengan inovasi terbarunya yakni Desa Digital. Bentuk Pelayanan Data Kependudukan dan Administrasi berbasis Digital ini diharapkan mampu memberikan Solusi pelayan administrasi kantor desa bukan hanya dimasa Pandemi saja, tapi bisa digunakan dari masa ke masa, kami hanya memulai dan meletakkan pondasi dasar, kedepan sesuatu yang berharga ini bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya, sehingga dukungan dari segala pihak.

Sekedar ilustrasi awal dari beberapa fungsi dasar memberikan kemudahan Layanan Surat Menyurat kepada penduduk desa Taopa yakni :

1. Masyarakat Desa Taopa cukup bermohon Surat Keterangan dan surat-surat lainnya selain surat jual beli,hibah dan surat perjanjian, cukup menggunakan HP Android dan melakukan pemesanan surat tersebut Via Website desa dengan Alamat taopa.parimo.id pada fitur layanan mandiri. Secara otomatis sistem akan bekerja dan masyarakat tersebut diberi dua pilihan, jemput dikantor desa atau print out dalam bentuk file PDF yang sudah tertanda tangan dan cap menggunakan Barcode. Jadi dimana saja masyarakat Taopa bisa memesan surat-surat tersebut dan printout sendiri, tanpa harus antrian dikantor desa.

2. Layanan kedua yakni Anjungan Layanan Mandiri yang berbentuk mirip ATM Bank, namun bedanya kalau ATM Bank yang keluar Uang, tapi kalau Anjungan ini yang keluar Surat Keterangan. Anjungan Layanan Mandiri ini akan ditempatkan di tempat-tempat strategis didesa Taopa bahkan rencananya kedepan akan diusahakan diluar desa dan luar kecamatan Taopa. Syarat mengurus surat melalui Anjungan Layanan Mandiri ini cukup dengan KTP Elektronik sebagai pengganti kartu ATM. Lagi-lagi masyarakat desa taopa Tidak Perlu lagi antri dikantor desa hanya sekedar mengurus surat keterangan dan lain-lain.Karena Surat tersebut langsung bisa diprintout di Anjungan tersebut.

 

Tentunya Dukungan Dari Semuah Pihak sangat dibutuhkan, terutama Dinas Kominfo dan Dinas Dukcapil Parimo untuk memberikan Akses yang seluas - luasnya terhadap pengelolaan Website Desa dan Pengelolaan Administrasi Kependudukan Desa Taopa.

balap 4d
oreo 5d
indah4d
situs slot

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Jiman

01 Januari 2023 05:46:08

Mantap PPDI Bersinergi membangun desa...

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:130
Kemarin:266
Total:264.220
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.15.206.172
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa