Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

TAOPA LAUNCHING DESA DIGITAL _HADIRKAN PEJABAT DAERAH DIULANG TAHUN KAMPUNG TAOPA YANG KE 93

Abdul Haris Laparako

19 Oktober 2021

410 Kali dibuka

Hari ini tepat tanggal 14 Oktober 2021 Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah Mengadakan Kegiatan Launching Desa Digital terbuka, Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Syukuran atas usia kampung atau Desa Taopa yang sudah berumur 93 Tahun. Usia yang terbilang matang ini haruslah di imbangi dengan berbagai terobosan yang nantinya akan dapat dinikmati dan bermanfaat untuk masyarakat. Sejarah perjalanan panjang pemerintahan Desa Taopa ini sudah harus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. tidak hanya dalam penataan desa secara eksternal tapi juga dalam hal tata kelola pelayanannya. Inilah yang memotivasi Pemerintah Desa Taopa untuk melaksanakan Launching Desa Digital Terbuka. Tahun ini merupakan Tahun istimewa bagi Pemerintah Desa Taopa dan Masyarakat Desa Taopa secara keseluruhan. kenapa tidak, karena Tahun ini merupakan Awal dari kebangkitan baru dalam Penataan Pelayanan Pemerintah Desa Taopa. 

Turut Hadir dalam acara Launching Desa Digital terbuka Desa Taopa, yaitu :

1. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten  Parigi Moutong. 

2. Kepala Seksi Penataan Desa Dinas PMD Kabupaten Parigi Moutong.

3. Kepala Sub Bidang Inovasi dan Teknologi Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong.

4. Kepala Seksi Infrastruktur dan Teknologi Dinas Kominfo Kabupaten Parigi Moutong.

5. Kepala Bidang e.Government Dinas Kominfo Kabupaten Parigi Moutong

6. Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Moutong, Parigi Moutong.

7. Komando Rayon Militer Moutong

8. Pengurus Pusat Perkumpulan Desa Digital OpenSID.

9. Kontributor Media Plano

10. Camat Taopa bersama Kasi Pemerintahan dan Kasi Perencanaan Lingkungan Kantor Camat Taopa

11. Sekcam Moutong

12. Kepala Desa, Sekdes dan BPD Se Kecamatan Taopa

13. Imam dan Pegawai Syar'i serta Tokoh Masyarakat Desa Taopa

14. Pendamping Lokal dan Pendamping Desa

15. Undangan lainnya.

 

Hadir pula Melalui Virtual Zoom:


1. Dewan Pembina/inisiator Perkumpulan Desa Digital dari Australia.

2. Sekretariat Perkumpulan Desa Digital dari Sumatera Barat.

3. Perwakilan Desa Pengguna OpenSID Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Dalam Sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Parigi Moutong yang dibacakan oleh Kepala Seksi Penataan Desa Dinas PMD Kabupaten Parigi Moutong Bapak Muhammad Rithauddin, SH mengatakan bahwa kami selaku pemerintah daerah Khususnya Dinas PMD sangat terbantukan dengan adanya terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Taopa, keberanian Pemerintah Desa seperti ini sangatlah diharapakan dalam menciptakan dan melahirkan berbagai Inovasi yang dikelola secara profesional dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Pelayanan dalam bentuk Anjungan Layanan Desa Mandiri baik itu langusng di Anjungan Layanan Mandiri maupun Pelayanan melalui HP android ini sangat istimewa, juga ada layanan Lapak bagi masyarakat desa yang ingin mempromosikan hasil inovasi dan hasil karyanya, pengembangan Website desa yang saat ini aktif memberikan informasi terkait perkembangan pemerintahan dan pembangunan didesa terus ditingkatkan, ditambah dengan berbagai Fitur - Fitur yang dimiliki oleh OpenSID yang semuahnya untuk membuka akses seluas - luasnya bagi masyarakat dan juga untuk kepentingan kebutuhan lainnya yang diharapakan oleh pemerintah pusat.  

Kami dan desa kami, bukanlah yang pertama di tanah air ini, yang terus menerus melakukan inovasi. Dan apa yang kami lakukan hari ini bukanlah sesuatu yang luar biasa bagi negeri ini. Karena sudah ratusan bahkan ribuan desa di indonesia ini yang sudah melakukan inovasi seperti yang kami lakukan hari ini.

Hari ini desa taopa hanya ingin meletakkan pondasi dan mewujudkan sebuah inovasi yang berbasis ilmu dan teknologi. Agar kelak masyarakat kami, dapat terbantukan dengan fitur layanan, yang mempermudah urusan yang berkaitan dengan kebutuhan administrasi, informasi dan pelayanan publik lainnya yang berhubungan dengan pemerintah desa.

Keterbukaan informasi, kemajuan teknologi, haruslah menjadikan kita lebih kreatif dalam mengikuti perkembangannya, sekaligus pro aktif dalam melakukan perubahan – perubahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Parigi Moutong Bapak. H. Jony Tagunu yang didampingi oleh Kasi Infrastruktur dan Teknologi Dinas Kominfo,Kepala Bidang e.Government Dinas Kominfo Kabupaten Parigi Moutong mendapat kepercayaan melakukan Gunting Pita pada Anjungan Layanan Desa mandiri, mengatakan bahwa Kominfo Parigi Moutong akan membuka Akses Internet Untuk Pemerintah Desa Taopa dan Masyarakat Desa Taopa dengan mengupayakan Bantuan Internet Gratis.

Hadir Pula Kepala Sub Bidang Inovasi dan Teknologi Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong ibu Yulianti Niimu, SH yang banyak memberikan masukan dan saran terkait dengan pengelolaan Website desa dan memaksimalkan seluruh fungsi dari Fitur - fitur yang disiapkan oleh Aplikasi OpenSID. ini sungguh luar biasa, dan kedepannya desa taopa harus bisa membuktikan kepada bangsa ini, bahwa Digitalisasi Desa bisa sangat bermanfaat, baik bagi Pemerintah Desa maupun bermanfaat bagi masyarakatnya. Kami siap membuka diri untuk melakukan pembinaan dan lain - lain yang berkaitan dengan pengembangan website dan Aplikasi OpenSID.

Era digitalisasi saat ini, haruslah ditopang dengan sumberdaya yang mumpuni serta sarana dan prasarana yang memadai, agar bisa dinikmati dan dirasakan oleh kita dan generasi kita akan datang.

Konsep society 5.0 (five point zero) yang mana tujuannya ingin mewujudkan masayarakat yang menggunakan ilmu pengetahun dan teknologi berbasis modern, dan memberikan akses pelayanan kebutuhan manusia, yang benar – benar ingin menikmati hidup dan merasa  nyaman, tanpa harus terbebani oleh batasan jarak dan waktu yang habis terbuang dan membosankan. Konsep ini sudah didepan mata kita, suka atau tidak suka, kita akan masuk dalam lingkaran konsep tersebut.

Melalui perkembangam ilmu pengetahuan dan teknologi. Internet yang dulunya hanya dapat digunakan untuk berbagi informasi dalam bentuk teks dan gambar, sekarang internet sudah berevolusi untuk digunakan dalam bentuk visual, saling berhadapan dan membantu manusia dalam menjalankan roda kehidupan.

Dengan internet manusia tidak perlu lagi menyewa sopir untuk mengemudikan mobil, karena saat ini sudah ada mobil tanpa kemudi yang bisa mengantarkan kita ketujuan hanya dengan mengandalkan radar, sinar laser, gps, odometri dan penglihatan komputer. Demikian juga pesawat dan helikopter.

Konsep society 5.0 mampu mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik kita menjadi satu, semuah hal akan lebih muda dengan penggunaan kecerdasan buatan, yang akan membantu kita memproses data, sehingga kita menerima hasil yang sudah jadi.

Kalau kemarin masyarakat dalam pengurusan surat keterangan kelakuan baik, atau surat keterangan izin usaha dan atau surat keterangan lainnya harus di urus berjam – jam dikantor desa, saat ini masyarakat cukup mendownload aplikasi opensid di play store melalui hp android, lalu memesan surat keterangan yang dia butuhkan, maka secara otomatis akan tersambung ke server, user dan admin, melalui notifikasi atau pemberitahuan. Setelah melalui proses yang begitu cepat, masyarakat sambil duduk santai dirumahnya langsung dapat menerima surat tersebut dalam bentuk pdf dan sudah ditandatangani oleh kepala desa dengan menggunakan tanda tangan barcode.

Atau bagi masyarakat yang belum memiliki hp android atau punya hp android tapi mode gratis alias tidak punya pulsa internet, maka silahkan mengunjungi anjungan layanan desa mandiri dengan cukup membawa ktp elektronik, ikuti petunjuk dilayar tersebut, maka saat itu juga akan terkoneksi otomatis ke hp server, user dan admin melalui notifikasi. Dan setelah proses persetujuan dilalui dengan baik, maka masayarakat tersebut dapat melakukan print out surat tersebut di anjungan layanan desa mandiri yang dia kunjungi tersebut. Dan banyak lagi fitur – fitur canggih lainnya.

Artinya, bahwa konsep ruang maya dan ruang fisik menjadi satu sudah hampir sempurna. Sesuatu yang selama ini dilakukan secara manual kini dimudahkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memangkas jarak dan waktu secara tepat dan cepat.

Hari ini kami meluncurkan sebuah produk inovasi pelayanan dan inovasi keterbukaan informasi publik, yang memudahkan perangkat desa dan masyarakat desa dalam mengakses informasi dan kebutuhannya melalui aplikasi open system informasi desa.

Open system informasi desa, yang terus dikembangkan oleh perkumpulan desa digital terbuka, yang bermarkas di sumatera barat ini, seakan menjawab semuah kebutuhan, menyesuaikan keinginan undang – undang dan regulasi yang berhubungan dengan desa baik dalam hal tata kelola administrasi desa, data kependudukan desa, data kegiatan perencanaan dan pembangunan di desa maupun informasi data lainnya yang dengan muda diakses melalui website desa dengan alamat taopa.parimo.id

Sebelum kegiatan ini kami lakukan, pemerintah desa taopa sudah terlebih dahulu menyampaikan niatan ini pada direktorat advokasi dan kerjasama desa dan perdesaan kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi republik indonesia serta mempresentasikan di depan direktorat jenderal bina pemerintahan desa kementerian dalam negeri republik indonesia bersama bappelitbangda parigi moutong dan dinas pmd parigi moutong dijakarta pada tanggal  29-30 september 2021 kemarin.

 

Selanjutnya pada tanggal 8 oktober 2021 di tinombo, kami menghadap langsung bupati parigi moutong untuk melaporkan kesiapan pelaksanaan kegiatan lounching desa digital hari ini.

Sebelum kata pembuka lounching desa digital ini kami akhiri

Beberapa titipan harapan kami ingin sampaikan :

 

1. Kami butuh dukungan dari semuah pihak terutama para penentu kebijakan untuk keberlangsungan program inovasi ini agar bisa benar – benar dinikmati dan dirasakan dari generasi ke generasi.

 

2. Bentuk dukungan dan support tersebut kami titipkan kepada dinas komunikasi dan inforamasi kabupaten parigi moutong dalam bentuk bantuan sarana dan prasarana paket internet gratis bagi pemerintah desa dan warga desa taopa

 

3. Bentuk dukungan dan support selanjutnya kami titipkan kepada dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten parigi moutong dalam hal membuka akses kerjasama integrasi data dan koneksi antara datawarehouse kependudukan dukcapil dengan opensid taopa.

 

4. Bentuk dukungan dan support kami titipkan kepada badan perencanaan pembangunan penelitian dan pengembangan daerah kabupaten parigi moutong dalam hal petunjuk dan pembinaan serta kebijakan secara teknis terkait pengelolaan aplikasi opensid berbasis website di desa taopa.

 

5. Bentuk dukungan dan support juga kami titipkan kepada dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten parigi moutong dalam hal membuka ruang kode rekening belanja di aplikasi siskeudes sesuai yang di inginkan oleh permendes pdtt ri nomor 7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2022 pedoman umum bab ii prioritas penggunaan dana desa, huruf c nomor 3 huruf a,b,c dan d.

Akhirnya kami tutup  lounching desa digital ini dengan meminjam kata – kata motivasi dari buku the magic of thinking big karya david j. Schwartz . Dia berkata : ketika anda percaya sesuatu dapat dilakukan, pikiran anda akan menemukan cara untuk melakukannya.

Tonton Videonya di bawah ini ......!!!!

balap 4d
oreo 5d
indah4d
situs slot

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Jiman

01 Januari 2023 05:46:08

Mantap PPDI Bersinergi membangun desa...

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:135
Kemarin:266
Total:264.225
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.15.141.209
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa