Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

DESA TAOPA POSTING APBDes SISKEUDES 2020

Abdul Haris Laparako

20 Februari 2020

322 Kali dibuka

Taopa - Posting adalah kegiatan untuk mempublish apa yang sudah kita input di dalam aplikasi siskeudes, tahapan Posting APBDes di Aplikasi Siskeudes merupakan tahapan yang harus dilakukan sebelum proses  lebih jauh masuk ke dalam Aplikasi Siskeudes, tahapan Posting ini pula dilakukan setelah semuah tahapan perencanaan, penginputan penganggaran selesai dilakukan. Melakukan kegiatan posting anggaran dalam Aplikasi Siskeudes berfungsi untuk mengunci penganggaran agar tidak mudah tertimpa atau dirubah - rubah oleh operator atau orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebelum Tahapan Posting dilakukan terlebiah dahulu operator desa harus melakukan penginputan kedalam Aplikasi Siskeudes dengan beberapa tahapan yang harus dikerjakan diantaranya :

 

  • Mengisi terlebih dahulu Data Umum dan RPJM Desa, Data Umum terdiri dari  isian data umum desa dan data pelaksana kegiatan
  • Memasukkan Program RPJM Desa kedalam Aplikasi yang terdiri dari Visi Misi Desa dan RPJM Desa itu sendiri selama 6 tahun.
  • Menginput dan memasukkan semuah Kebutuhan Dokumen RPJM Desa yang terdiri terdiri dari 5 Bidang diantaranya adalah bidang penyelenggaraan pemerintah desa, bidang pelaksanaan pembangunan, bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat serta bidang penanggulangan bencana serta darurat dan mendesak dalam pembangunan pemerintahan desa.
  • Selanjutnya mengisi 5 bidang tersebut masih terdapat sub bidang, kegiatan perbidang dan dana indikatif per kegiatan.
  • Tugas Akhirnya adalah memasukkan pagu anggaran yang sudah disepakati dalam APBDes kedalam Bidang dan Sub Bidang yang sudah ditetapkan sesuai RAB yang telah diverifikasi.
 
 
Kegiatan Posting ini pula merupakan kebutuhan Interkoneksi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) dengan Siskeudes dan terkait pula dengan pihak inspektorat, pihak BPKP atau BPK serta pihak terkait lainnya yang terkait dengan anggaran desa baik dari pusat maupun daerah. Interkoneksi OMSPAN dengan Siskeudes ditujukan untuk menyederhanakan pelaporan keuangan desa, sehingga perangkat desa atau Operator Desa tidak lagi melakukan input data berulang ke setiap sistem.
 
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan desa menjadikan Posting APBDes Siskeudes sebagai prasyarat untuk tahap pengajuan Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan PDRD, ditambah dengan syarat - syarat lainnya.
 
Pemerintah Desa Taopa Kecamatan Taopa dengan segala upaya kerja keras melakukan percepatan penginputan APBDes kedalam Aplikasi Siskeudes sebagai bentuk keseriusan dalam proses percepatan pengajuan dan realisasi pencairan anggaran Tahun 2020.
 
Dan Alhamdulillah setelah melalui tahapan Verifikasi oleh Operator Siskeudes Kabupaten akhirnya seluruh Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa yang terinput kedalam Aplikasi Siskeudes Versi V2.0 R2.0.2 dinyatakan layak dan diposting.
 
Untuk selanjutnya Pemerintah Desa Taopa berkonsentrasi melakukan tahapan pengajuan sesuai dengan standar mekanisme dan syarat  yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Daerah.
 
Dilampiran tulisan ini kami menyampaikan Rincian Program, Kegiatan Dan Anggaran yang digunakan oleh Pemerintah Desa Taopa melalui Dana Transfer Kerekening Desa, ini kami muat sebagai wujud transparansi desa terhadap penggunaan Dana Desa, Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2020.

 

 

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:45
Kemarin:261
Total:220.530
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.135.209.184
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa