Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DENGAN TEMA PERBAIKI IBADAH MANTAPKAN AKHLAK

Abdul Haris Laparako

14 November 2020

503 Kali dibuka

OpenSID Taopa - Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dilaksanakan setiap tahun oleh Ummat Islam, tradisi memperingati Perayaan Maulid ini sangat ditunggu - tunggu oleh Masyarakat Muslim baik itu yang dikota maupun didesa. dibulan kelahiran Nabi Muhammad SAW Masyarakat berbondong - bondong mendatangi tempat kegiatan yang sudah ditentukan oleh Panitia Pelaksana.

Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong menggelar kegiatan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini di halaman Kantor Camat Taopa, sejak sore hari Walima (paha) yang sudah dihiasi dan sudah di isi dengan berbagai macam pernak - pernik makanan yang dibuat secara tradisional maupun hiasan lainnya datang dari masing - masing dusun sudah ditata sedemikian rupa, menambah kemeriahan pelaksanaan perayaan.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Taopa sebagai pelaksana kegiatan bersama Pemerintah Desa Taopa dan Masyarakat, bahu membahu menyiapkan tempat kegiatan perayaan digelar. semuah ini dilakukan agar pelaksanaan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW berjalan sesuai rencana.

Acara Perayaan Maulid nabi Muhammad SAW ini diawali dengan Pengajian Al - Qur'an Oleh Qori'ah JAMILAH, dilanjutkan dengan Sambutan Panitia Pelaksana oleh Bapak NASPIAN TANTU. Sambutan Kedua disampaikan oleh Kepala Desa Taopa ASNO AKE, S. Sos, dalam sambutannya Kades menyampaikan Apresiasi yang setinggi - tingginya kepada PHBI Desa Taopa yang sudah maksimal menyiapkan segala sesuatunya demi mensukseskan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Kades juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Puskesmas Taopa bersama jajajrannya yang sudah ambil bagian dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad ini. Dan yang tak kalah antusiasnya adalah keterlibatan ibu - ibu Dasawisma, Kepala - Kepala Dusun se - Desa Taopa, yang sangat berkontribusi besar terhadap kesuksesan kegiatan ini. Inilah Bentuk Kerja Sama yang mesti kita pertahankan sampai kapan pun. Pandemi Covid - 19 membatasi kita untuk melakukan kegiatan Ekstra Tambahan seperti Lomba dan Kegiatan lainnya. Insya Allah bila Pandemi ini sudah berlalu kita akan buat semeriah mungkin. seperti perayaan - perayaan sebelumnya.

Sambutan Kedua oleh Camat Taopa ABDUN ASER DAEPATOLA, S. Sos, beliau lebih menitikberatkan pada penguatan karakter masyarakat dalam mengambil sisi positif Peringatan sang Revolusioner Dunia yaitu Nabi Muhammad SAW, Akhlakul Karimah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad hendaknya menjadi landasan kita untuk mendidik Generasi Insani penerus estapet perjuangan kejayaan Islam masa kini dan akan datang.

Turut hadir pada Perayaan Maulid nabi Muhammad SAW ini : ZEIN, SE (Sekcam Taopa), MUSLIM, S.Pd (Kepala Sekolah SMP Negeri I Taopa), Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Taopa,Kepala - Kepala Sekolah PAUD dan SD, Bidan Desa dan Petugas Kesehatan Puskesmas Taopa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, yang antusias meramaikan acara ini sampai selesai.

Ada beberapa hal yang menjadi keutamaan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun in, diantaranya :

1. Syukur

Kita merasa bersyukur atas hadirnya Nabi Muhammad SAW di muka bumi ini, rasa syukur kita ini tentunya tidak berhenti pada riuhnya pelaksanaan maulid, tapi bagaimana kita yang hadir saat ini bisa mengambil contoh tauladan yang diajarkan oleh nabi dan para sahabatnya.

2. Teladan

Melihat Nabi sebagai tuntunan, itu adalah cara kita menuju kepada jalan yang diinginkan oleh Allah SWT, termasuk meneladani Ibadah dan Akhlak beliau. Kalau Ibadah kita baik yakin bahwa Akhlak kita juga ikut baik. olehnya perbaiki ibadah dan mantapkan Akhlak kita maka apapun yang diperintahkan dalam hal positif pasti terasa ringan. Hubungan kita dengan Allah SWT perbaiki, Hubungan kita sesama masyarakat perbaiki, hubungan masyarakat dengan pemerintah perbaiki, kalau semuah hubungan ini sudah diperbaiki, maka yakinlah bahwa kedamaian dan ketentraman akan tercipta dinegeri ini.

Dua poin penting ini disampaikan oleh Da'i Kondang Parigi Moutong Ustadz ABD. HALIM INTJE HASAN dalam Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah di Desa Taopa Kecamatan Taopa.

Perayaan Maulid kali ini ditutup dengan pembagian Walima kepada para undangan yang hadir sebagai bentuk rasa syukur masyarakat masih dipertemukan dengan Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

balap 4d
oreo 5d
indah4d
situs slot

 

 

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Jiman

01 Januari 2023 05:46:08

Mantap PPDI Bersinergi membangun desa...

Supriadi

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

Rudi Purwanto

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:77
Kemarin:266
Total:264.167
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.147.68.159
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa