Desa Taopa

Kec. Taopa
Kab. Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Taopa Selamat Datang Di Anjungan Desa Mandiri Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong

Artikel

MEMPERKUAT SINERGI KOMUNIKASI, MENDORONG PENINGKATAN INTENSITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

Abdul Haris Laparako

25 Desember 2019

338 Kali dibuka

Bahwa Sekretaris Desa merupakan penanggung jawab ketatalaksanaan administrasi pemerintahan di desa, yang memiliki tanggung jawab Esensial terhadap keberlangsungan program yang dijalankan oleh Kepala Desa.

Dalam Konteks Pembangunan, tugas Sekretaris Desa sangatlah kompleks.  Disamping sebagai sekretaris pemerintah desa juga sebagai kepala kesekretariatan desa.

Dalam proses pembuatan kebijakan publik, sekretaris desa merupakan unsur yang sangat menentukan, sebab akhir dari sebuah proses pembuatan kebijakan publik dalam hal peraturan desa dan keputusan kepala desa yang bertugas dan berwenang mengundangkan adalah sekretaris desa.

Forum Sekretaris Desa Kecamatan Taopa mencoba untuk selalu melakukan Komunikasi dalam bentuk pertemuan yang dilaksanakan setiap bulan  secara bergiliran dengan materi pembahasan, di antaranya :

1. Pengelolaan Sistem Informasi Desa yang lebih di Fokuskan Pada Pemanfaatan  Aplikasi OpenSID  

2. Membangun Komitmen percepatan penginputan dan penggunaan Aplikasi SISKEUDES

3. Evaluasi bersama pengisian Aplikasi PRODESKEL dan Aplikasi SIKS-NG, serta materi - materi lain yang dianggap penting dan dapat membantu tugas - tugas Sekretaris Desa.

Pada Pertemuan FORUM SEKDES kali ini, Desa Taopa mendapat giliran menjadi tuan rumah.  dengan mengangkat Tema "MEMPERKUAT SINERGI KOMUNIKASI, MENDORONG PENINGKATAN INTENSITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK".  Peserta Forum berkonsentrasi pada Materi Pengelolaan dan Pemanfaatan Aplikasi OPenSID  yang nantinya akan sangat membantu Perangkat Desa dalam hal pengelolaan adminitrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan pengelolaan aset desa, pengelolaan anggaran, layanan publik dan sebagainya.

Kegiatan yang berlangsung 1 (satu) hari ini dibuka  oleh Ketua FORUM SEKDES Kecamatan Taopa Bapak Robianto (Sekdes Taopa Utara), dilanjutkan dengan Materi EVALUASI DAN PENGUATAN KOMITMEN PENGELOLAAN OpenSID Dan OpenDK yang dibawakan Oleh Instruktur Bapak  Aidin (Sekdes Tompo).  Setelah ishoma  peserta Forum langsung melaksanakan penginputan Data Penduduk Desa Taopa ke Aplikasi OpenSID.

Mengapa OpenSID yang menjadi Rujukan bagi Forum Sekdes Kecamatan Taopa dalam Pengelolaan Informasi Desa .... ?

Berikut ini dijelaskan secara singkat beberapa manfaat OpenSID menurut pengertian di atas (tidak terbatas pada fitur yang ada di OpenSID saja).

  1. Kantor desa lebih efisien
    Misalnya, dengan memakai OpenSID, kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.

  2. Kantor desa lebih efektif
    Sebagai contoh, karena OpenSID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa OpenSID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.

  3. Pemerintah desa lebih transparan
    Dengan OpenSID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnya, kantor desa dapat memakai OpenSID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web desa, papan pengumuman dsbnya.

  4. Pemerintah desa lebih akuntabel
    Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel. Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dsbnya.

  5. Layanan publik lebih baik
    Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.

  6. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
    Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor desa untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan.

  7. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa
    Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.

    Harapan akhir dar kegiatan Forum Sekdes ini adalah, Komitmen Bersama untuk ber Inovasi  dalam mewujudkan Visi Terdepan Kabupaten Parigi Moutong. 

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

ASNO AKE,S.SOS

Sekretaris Desa

ABDUL HARIS LAPARAKO

Kaur Pemerintahan

ARIMAN

Kaur Kesejahteraan Dan Pelayanan

NURSAILA

Kaur Tata Usaha Dan Umum

MISWA

KAUR PERENCANAAN

SAHARDIN

Kaur Keuangan

ZULKIFLI

Kepala Dusun I

AJAS

Kepala Dusun II

SUTRISNO

Kepala Dusun III

Fitra

KEPALA DUSUN IV

WARDAN

Kepala Dusun V

LEO CHANDRA

Kepala Dusun VI

ALFIQRAM

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NIRWAN

Operator SIMADING Dan POJOK BACA

NURSAM

Operator SIKS-NG

Pandi Pratama

OPERATOR Si DEDI OPENSID

NUR UYUN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Taopa

Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Peta Desa Taopa

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

30 Oktober 2021 22:14:26

Mantap,,...

30 Oktober 2021 17:24:44

Mantap TAOPA...

Statistik Pengunjung

Hari ini:63
Kemarin:261
Total:220.548
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:18.219.73.146
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:0.4686732478024511
Longitude:121.09946250915529

Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong - Sulawesi Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa